Ilustrasi cek gula darah.
Sumber :
  • Pixabay

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Anda Terkena Penyakit Diabetes

Jumat, 13 Mei 2022 - 09:17 WIB

Makanan dan minuman dengan rasa yang manis tentu sangat enak untuk dinikmati. Berbagai macam makanan dan minuman seperti donat, brownies, roti bakar, es teh manis, minuman bersoda, dan masih banyak lagi merupakan favorit banyak orang.

Tak salah memang mengonsumsi makanan dan minuman seperti contoh di atas tersebut. Namun, jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan, maka makanan dan minuman tersebut bisa menjadi bumerang untuk Anda.

Ya. kadar gula yang berlebihan tentu akan membahayakan kesehatan Anda. Gula darah Anda akan naik, kemudian berpotensi untuk terkena penyakit diabetes.

Untuk diketahui, diabetes terjadi karena kadar gula darah melebihi batas normal karena tubuh tidak menghasilkan hormon insulin dalam jumlah yang cukup, atau ketika tubuh tidak lagi dapat menggunakan insulin dengan efektif (resistensi insulin).


Ilustrasi diabetes (pixabay)

Repotnya, jika sudah terkena diabetes, kadar gula darah akan lebih sulit dijaga. Terutama bila penderita diabetes memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat atau makanan yang manis.

Agar penderita diabetes bisa tetap hidup sehat, maka kadar gula darah harus dijaga. Salah satunya adalah dengan mengontrol asupan makanan sehari-hari dan mengonsumsi makanan penurun gula darah.

Nah, untuk mengontrol kadar gula darah, penderita diabetes perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, lemak sehat, protein, dan serat, serta memiliki nilai indeks glikemik yang rendah.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
07:09
02:26
00:58
Viral