Zaitun Dapat Menyeimbangkan Kadar Kolesterol Tubuh.
Sumber :
  • Pixabay

Ternyata Kolesterol Bisa Turun Tanpa Obat, Begini Tipsnya

Sabtu, 14 Mei 2022 - 11:52 WIB

Saat bulan Ramadhan, kita dianjurkan untuk tidak makan berlebih terutama saat berbuka puasa. Selain mendapatkan pahala, berpuasa juga menjadi sarana detox dari racun-racun yang ada dalam tubuh. Sehingga, ketika bulan puasa terkadang kita merasa tubuh menjadi ringan. Ketika momen Lebaran, berkumpul dan merayakan hari Raya Idul Fitri bersama keluarga dan kerabat pun menjadi tradisi. Biasanya untuk merayakan momen tersebut kita banyak makan makanan yang berminyak dan mengandung lemak, seperti opor, rendang, gorengan dan masih banyak lagi. Hal ini terkadang membuat kadar kolesterol dalam tubuh kembali naik. 

Kolesterol tinggi merupakan awal dari penyakit serius. Penderita kolesterol tinggi harus lebih waspada dan wajib untuk menurunkan atau normalkan kembali. Karena jika diabaikan, kolesterol tinggi dapat menimbulkan resiko munculnya berbagai penyakit seperti stroke hingga serangan jantung.

Beberapa metode untuk menurunkan kolesterol tinggi, misalnya olahraga secara teratur, banyak mengkonsumsi buah dan sayur, hindari makanan berlemak, dan berbagai metode lainnya.
 
Namun, kebanyakan orang merasa malas untuk melakukannya dan memilih cara yang instan dengan mengkonsumsi obat-obatan kimia. Mengkonsumsi obat-obatan memang tidak dilarang, tapi akan lebih baik jika diimbangi dengan gaya hidup yang sehat.
Seorang dokter sekaligus pendakwah yaitu dr. Zaidul Akbar, mengatakan kolesterol itu bukan dilawan tapi diseimbangkan. 

“pertanyaan apa obat kolesterol itu saja sudah salah, kolesterol tidak usah diapa-apain. Tugas kita adalah menyeimbangkan supaya tubuh kita bisa beroperasi dengan normal”, terang dr. Zaidil Akbar dalam video yang diunggah dalam Instagram @jurussehatrasulullah_, dikutip VIVA.co.id, Jumat (13/5/2022).

Zaidul menjelaskan kolesterol itu dapat diimbangi dengan buah dan sayuran. Menurunkan kolesterol hanya dibantu dengan puasa dan beri kolesterol yang baik. Lalu contoh kolesterol yang baik adalah Medium Unsatorated PT Acide (MUPA) yang memiliki kandungan omega 9. 

“Banyak untuk kolesterol salah satunya semua jenis lemak-lemak baik seperti minyak zaitun, minyak VCO, bisa digunakan untuk memperbaiki keseimbangan kolesterol di tubuh,” kata dr. Zaidul Akbar, dikutip dari VIVA.

Lanjutnya, Konsumsi bawang-bawangan seperti bawang merah dan bawang putih untuk menjaga keseimbangan tubuh. Diikuti oleh beberapa rempah lainnya seperti kunyit dan jahe juga dapat memperbaiki keseimbangan kolesterol. Terpenting lagi untuk penderita masalah kolesterol agar mengatur makanan untuk tetap menjaga keseimbangan kadar kolesterol, seperti yang dikutip dalam kanal Youtube milik dr.Zaidul Akbar. (Kmr)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
Viral