Ilustrasi seseorang sedang mengalami nyeri dada.
Sumber :
  • viva.co.id

Gejala Angin Duduk Serta Cara Pencegahannya

Sabtu, 14 Mei 2022 - 16:04 WIB

Angin duduk atau disebut angina dalam istilah medisnya merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Bahkan, ada beberapa kasus yang meninggal mendadak akibat dari penyakit angin duduk ini. 

Entah berasal dari mana istilah angin duduk, namun masyarakat sangat familiar dengan istilah dan gejala-gejala dari penyakit angin duduk. Masih ada kekeliruan terhadap segelintir orang yang menganggap penyakit angin duduk sama dengan masuk angin. 

Kenyataannya, hal ini sangatlah berbeda. Masuk angin lebih mengarah pada masalah sistem imun yang sedang menurun, biasanya dipengaruhi oleh berubahnya iklim. Sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman pada tubuh yang membuat badan menjadi pegal-pegal, suhu tubuh berubah, perut kembung dan demam.

Sedangkan yang dimaksud dengan angin duduk, yaitu penyakit yang berkaitan kuat dengan jantung. Hal ini terjadi karena adanya gangguan aliran darah pada otot jantung dan bermasalah pada gangguan pasokan oksigen di dalam tubuh. 

Mengapa pasokan darah ke otot jantung bisa terganggu? hal ini dikarenakan adanya penyempitan atau penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah. 

Perlu diketahui, darah bertugas untuk membawa oksigen dan nutrisi penting yang diperlukan oleh otot jantung sehingga dapat berfungsi secara baik. Namun, ketika otot jantung kekurangan oksigen, maka seseorang bisa mengalami kondisi iskemia atau kurangnya persediaan darah.

Permasalahan ini tentunya diawali dengan gejala-gejala yang sering terjadi pada tubuh manusia disaat angin duduk menyerang, berikut gejalanya. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral