Ilustrasi Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi pada Ibu Hamil.
Sumber :
  • unsplash.com

Gampang Diterapkan, Berikut Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi pada Ibu Hamil

Jumat, 20 Mei 2022 - 11:02 WIB

Kadar kolesterol tinggi bisa mengintai siapa saja, termasuk ibu hamil. Maka dari itu, bagi Anda yang kini sedang berbadan dua disarankan untuk benar-benar memperhatikan kesehatan.

Pasalnya kolesterol tinggi saja bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke. Orang yang telah memasuki usia dewasa cenderung memiliki kolesterol tinggi apabila kadarnya berada di 240 mg/dL atau lebih.

Sementara itu kolesterol tinggi pada ibu hamil sebenarnya bisa cenderung meningkat apalagi bila sudah memasuki trimester 2 dan 3.

Tetapi sejatinya kadar kolesterol yang tinggi saat hamil adalah hal yang wajar. Bahkan apabila kolesterol rendah saat hamil, justru hal tersebut juga bisa membahayakan janin dan sang ibu.

Hal tersebut dikarenakan kadar kolesterol tinggi saat hamil dibutuhkan guna meningkatkan produksi hormon estrogen dan progesteron.

Beberapa komplikasi yang bisa terjadi pada ibu hamil dengan kolesterol tinggi adalah diabetes gestasional. Diabetes gestasional merupakan gula darah tinggi yang berkembang selama kehamilan. Anda yang sedang hamil harus cukup berhati-hati dengan kondisi ini, lantaran bisa menyebabkan kelahiran prematur atau lahir mati.

Selain diabetes gestasional, risiko lainnya yang dapat diderita ibu hamil dengan kolesterol tinggi adalah kelahiran prematur dan juga preeklampsia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral