Ilustrasi - Pemasangan kateter urin pada pasien..
Sumber :
  • Hello Sehat

Usai Viral di Tiktok, Apa Itu Kateter Urin? Ini Jenis dan Manfaatnya untuk Pasien

Jumat, 3 Juni 2022 - 15:01 WIB

Jakarta, Indonesia - Usai viralnya video Tiktok tidak pantas yang diunggah seorang mahasiswi magang di RSUD Wonosari, alat medis bernama kateter urin menjadi banyak dicari di mesin pencarian google. Kateter urin adalah alat yang digunakan untuk melakukan tindakan medis: Kateterisasi Urin.

Adapun kateterisasi urin merupakan tindakan memasukkan alat sejenis selang karet melalui uretra pasien menuju kandung kemih sebagai jalan keluarnya urin.

Kateter sangat berguna untuk pasien yang mengalami ketidakmampuan mengontrol kencing (perkemihan) atau bagi mereka yang mengalami obstruksi. Tindakan katerisasi urin dibagi menjadi dua, yakni Kateter Sementara (Straight Kateter) dan Kateter Menetap (Foley Kateter)

Kateter Sementara (Straight Kateter)

Pemasangan Kateter Sementara dilakukan untuk tujuan mengeluarkan urin. Tindakan ini dapat dilakukan selama 5 sampai 10 menit. Pada saat kandung kemih mulai kosong maka kateter dapat ditarik keluar.

Kateterisasi sementara diindikasikan pada pasien yang tidak mampu berkemih 8-12 jam setelah operasi, retensi akut setelah trauma uretra, tidak mampu berkemih akibat obat sedative atau analgesic, cedera pada tulang belakang, degerasi neuromuscular secara progresif dan pengeluaran urin residual.

Kateter Menetap (Foley Kateter)

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
02:17
Viral