Ilustrasi.
Sumber :
  • Pixabay

Tak Selalu Bikin Sakit, Ini Dia Manfaat Mandi Hujan Bagi Anak-Anak

Sabtu, 11 Juni 2022 - 06:56 WIB

Biasanya orang tua akan khawatir ketika anak-anaknya terkena hujan atau mandi hujan, dengan segera menyuruh mereka  untuk masuk kedalam rumah karena takut buah hatinya meriang, flu atau demam akibat terkena air hujan. Tapi siapa sangka, jika bermain saat hujan juga memiliki cukup banyak manfaat bagi anak-anak.

Dari beberapa penelitian kesehatan anak, setidaknya ada 6 manfaat menarik saat anak-anak bermain dibawah hujan.

1. Meningkatkan Keterampilan Fisik

Bermain dalam kondisi hujan dapat lebih cepat mengembangkan keterampilan anak. Ketika bermain dalam kondisi jalan atau lokasi yang licin, maka anak-anak akan bekerja keras untuk menjaga keseimbangan agar tidak terjatuh. Hal itu meningkatkan koordinasi dan keterampilan motorik kasar  mereka.

2. Memberikan Pengalaman Sensorik

Saat anak-anak bermain dibawah hujan akan memberikan pengalaman sensorik yang fantastik untuk mereka. Mendengarkan suara hujan, pemandangan, bau dan sentuhan yang berbeda saat hujan mampu meningkatkan sensorik pada anak.

Sensorik anak akan tertarik ketika mendengar derai hujan yang jatuh ke tanah,  sehingga dapat membuat anak lebih tenang dan rilek. Aroma hujan juga dapat membuat mereka merasa segar dan berenergi. Sehingga masing-masing indera dapat dirangsang saat berada di luar ruangan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral