Uji Coba QR Code Berstandar WHO di Acara HMM 1.
Sumber :
  • Ilustrasi. tvone

Uji Coba QR Code Berstandar WHO di Acara HMM 1

Selasa, 21 Juni 2022 - 17:28 WIB

Yogyakarta - Kementerian Kesehatan RI memperagakan uji coba teknologi kode respons cepat (quick responce code/QR code) berstandar internasional untuk mempermudah administrasi perjalanan luar negeri yang mensyaratkan validasi vaksin. 

“Ini jawaban atas kesulitan masyarakat internasional, termasuk Indonesia, yang bepergian ke luar negeri, karena sertifikat vaksin di setiap negara berbeda,” kata Chief of Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan Setiaji di Yogyakarta, Selasa, (21/6/2022).

Konsep QR Code ini mengharmonisasikan standar protokol dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) yang berbasis pada QR code tunggal. 

Jadi, meskipun sertifikat vaksin pelaku perjalanan dimuat dalam berbagai aplikasi yang berbeda di setiap negara, sistem validasinya menggunakan QR code yang sama. 

Uji coba ini ditampilkan di Hotel Marriot Yogyakarta saat The 1st Health Ministers Meeting (HMM) 2022 pada 20-21 Juni 2022.

Peserta uji coba dari kalangan tamu undangan hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit untuk melewati gerbang validasi QR code. 

Pada tahap awal, peserta membuka menu "Sertifikat Vaksin" pada aplikasi yang berlaku dari negara asal untuk mengakses fitur QR code di ponsel pintar mereka. Selanjutnya, petugas otoritas perjalanan memandu proses validasi vaksinasi.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral