Ilustrasi seseorang sedang pulas tertidur.
Sumber :
  • unsplash.com

Dampak Tidur dengan Lampu Menyala Bagi Kesehatan Manusia

Rabu, 22 Juni 2022 - 16:23 WIB

Terdapat 2 tipe manusia dalam proses tertidur di malam hari. Ada manusia yang harus tidur dalam keadaan gelap atau redup untuk mencari suasana yang mendukung agar mendapatkan ketenangan. 

Namun sebaliknya, ada manusia yang sama sekali tidak bisa atau bahkan tidak berani tertidur di malam hari dengan keadaan yang gelap. Sehingga di saat tidur pun lampu dalam kamar tetap harus menyala dengan terang benderang agar dirinya merasa lebih aman, nyaman dan selalu terjaga. 

Padahal, tidur dengan lampu yang menyala akan berdampak buruk bagi tubuh manusia. Pasalnya, paparan cahaya yang dihasilkan dari lampu saat tidur mengakibatkan otak kamu menjadi kesulitan untuk mencapai tidur yang lebih dalam. 

Tidak hanya itu, tidur dengan keadaan lampu yang menyala juga akan menghambat terbentuknya melatonin yang dimaksud dengan melatonin adalah salah satu hormon yang mengatur waktu tidur pada manusia. 

Apabila di dalam tubuh manusia tidak mendapatkan kebutuhan hormon melatonin yang sesuai porsinya, maka fungsi dari hormon tersebut bisa tidak berjalan dengan baik. Padahal, jika hormon ini berfungsi dengan maksimal salah satu manfaatnya bisa untuk melawan kanker secara alami. 

Selain 2 hal di atas, tidur dengan lampu yang menyala juga memberikan beberapa dampak buruk bagi tubuh manusia seperti berikut. 

1. Depresi 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:06
01:36
01:46
02:27
05:13
01:51
Viral