Ilustrasi Ice Smoke.
Sumber :
  • Pixabay

Jajanan Kekinian Ini Menyebabkan Gangguan Pernapasan, Begini Penjelasannya

Selasa, 19 Juli 2022 - 23:52 WIB

Belakangan ini jajanan es krim asap atau ice smoke menjadi tren kekinian di kalangan anak-anak maupun remaja. Bola permen yang dibekukan dengan cairan nitrogen tersebut menjadi tren baru karena uap dingin yang keluar melalui hidung dan mulut menjadi perhatian konsumennya.

Namun sebenarnya apakah jajanan tren tersebut aman untuk dikonsumsi? Seperti dilansir dari VIVA, seorang balita di Ponorogo, Jawa Timur mengalami luka bakar akibat mengkonsumsi jajanan es krim asap kekinian kemudian dilarikan ke RSU Muslimat, Ponorogo.

Sebenarnya, mengonsumsi makanan dan minuman yang ditambahkan nitrogen cair memang terbukti berisiko mengalami cedera serius. Hal tersebut telah dijelaskan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA AS) yang dilansir dari VIVA.

Menurut FDA, pada dasarnya nitrogen tidak beracun, namun suhu yang dihasilkan oleh nitrogen sangat rendah. Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan parah pada kulit dan organ dalam jika salah penanganan atau dikonsumsi.

Selain itu, menghirup udara yang dihasilkan oleh nitrogen cair dalam makanan atau minuman juga dapat menyebabkan gangguan pada pernapasan, terutama pada penderita asma. 

“Masalah utamanya adalah nitrogen cair harus diuapkan sepenuhnya dari makanan atau minuman sebelum disajikan,” jelas Dr. Robert Glatter, dokter ruang gawat darurat di Lenox Hill Hospital, New York City, yang dikutip dari VIVA pada (19/7/2022).

“Dalam bentuk cair, dapat menyebabkan luka bakar pada mulut, kerongkongan, dan saluran napas bagian atas, yang menyebabkan perforasi atau pecahnya organ yang bisa berakibat fatal,” lanjutnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral