Ilustrasi Cacar Monyet.
Sumber :
  • BBC

Ditemukan di Singapura, IDI Minta Semua Dokter Waspadai Gejala Cacar Monyet pada Pasien yang Ada di Indonesia   

Rabu, 27 Juli 2022 - 15:14 WIB

Jakarta - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meminta dokter di Indonesia untuk mewaspadai gejala cacar monyet atau Monkeypox pada pasien, menyusul situasi kasus yang berpotensi mewabah di dunia.

Bentuk sikap antisipatif ini diimbau oleh IDI menyusul pengumuman Badan Kesehatan Dunia WHO yang telah menetapkan status darurat untuk kasus cacar monyet dan saat ini kasus itu sudah ditemukan di Singapura.

Cacar monyet adalah suatu penyakit infeksi virus, bersifat zoonosis yang jarang terjadi. Beberapa kasus infeksi pada manusia pernah dilaporkan terjadi sporadis di Afrika Tengah dan Afrika Barat, umumnya pada lokasi yang berdekatan dengan daerah hutan hujan tropis.

"Cacar monyet ini tergolong ke dalam genus orthopoxvirus, seperti virus variola yang menyebabkan penyakit cacar (Smallpox) dan telah dinyatakan tereradikasi di seluruh dunia oleh WHO pada 1980," kata Adityo Susilo dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dikutip dari Antara Rabu, (27/7/2022).

Dia juga mengingatkan bahwa dengan ditemukannya kasus cacar monyet di Singapura, maka masyarakat di Indonesia juga perlu mewaspadai terhadap kemungkinan masuknya virus tersebut ke tanah air.

Tangan yang Terinfeksi Virus Cacar Monyet (Ist)

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
03:09
04:29
01:56
01:27
00:49
Viral