Ilustrasi Diabetes.
Sumber :
  • Pixabay

Waspada! Kerusakan Saraf Akibat Diabetes Muncul dalam Berbagai Gejala

Senin, 1 Agustus 2022 - 23:56 WIB

Diabetes dapat menyebabkan kadar gula darah seseorang menjadi lebih sering tinggi. Hal ini disebabkan suatu kondisi dimana tubuh berhenti memproduksi cukup insulin atau tidak dapat menggunakan insulin yang tersedia dalam tubuh. 

Kondisi ini harus diatasi dengan penuh hati-hati agar dapat mencegah terjadinya komplikasi dalam jangka panjang. Namun perlu diwaspadai karena kondisi ini tidak selalu menciptakan gejala nyata. 

Kelebihan keringat di malam hari dapat menjadi salah satu tanda bahwa gula darah tinggi sudah merusak saraf. Kelebihan keringat dapat menjadi pertanda baik kadar gula darah rendah atau sebaliknya malah gula darah merusak ke saraf.

Penyebab paling umum untuk keringat tidak biasa yang dialami oleh penderita diabetes yakni kerusakan sistem saraf. Menurut Asosiasi Diabetes Amerika, yang dikutip dari VIVA, sebagian orang yang memiliki penyakit diabetes mengalami beberapa level kerusakan saraf. 

Saat kerusakan saraf terlihat, dikenal sebagai neuropati otonomis yang dapat mempengaruhi kelenjar keringat.

Kadar gula darah dan lemak yang tinggi, seperti trigliserida dapat merusak saraf atau pembuluh darah yang dapat memelihara saraf. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya beberapa gejala yang berbeda, tergantung dari fungsi bagian tubuh mana yang terdampak.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral