Ilustrasi Gula Aren.
Sumber :
  • Freepik

Gula Aren Jadi Pilihan Pemanis yang Baik Dikonsumsi Penyandang Diabetes, Begini Penjelasan Dokter

Selasa, 2 Agustus 2022 - 13:53 WIB

Penyandang Diabetes selalu dianjurkan untuk menjaga pola makannya agar gula darah dalam tubuh tidak bertambah secara drastis. Termasuk dalam pemilihan pemanis yang tepat pada makanan dan minuman agar tidak memicu dampak berbahaya bagi tubuh.

Menurut Kementerian Kesehatan dalam laman resminya, komplikasi diabetes termasuk serangan jantung dan stroke, infeksi kaki yang berat (menyebabkan gangren, dapat mengakibatkan amputasi, gagal ginjal stadium akhir dan disfungsi seksual.

Dalam jangka panjang, setelah 10-15 tahun dari waktu terdiagnosis, prevalensi semua komplikasi diabetes dapat meningkat secara drastis. 

Oleh karena itu pemilihan pemanis buatan perlu diperhatikan. Seperti minuman yang sedang digemari oleh kalangan anak muda yaitu gula aren

Menurut penjelasan dari dokter spesialis gizi, dr. Kristina Joy M. Gizi, SpGK, gula aren terbukti memiliki indeks glikemik rendah dibandingkan dengan gula putih.

“Sebagai diabetisi (penyandang diabetes) harus perhatikan total gula yang dikonsumsi karena gula sebagai karbohidrat sederhana yang akan menaikan gula darah tubuh,” ujarnya dalam acara Hidup Sehat, tvOne.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral