Ilustrasi kolesterol..
Sumber :
  • Freepik

Tips Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Rabu, 17 Agustus 2022 - 17:51 WIB

Jakarta – Menerapkan gaya hidup yang tidak sehat beresiko lebih besar menalami kolesterol tinggi. Namun kabar baiknya kolesterol tinggi dapat diturunkan dengan melakukan kebiasaan hidup sehat.

Kolesterol tinggi adalah suatu kondisi yang terjadi ketika kadar kolesterol dalam darah Anda cukup tinggi untuk menyebabkan masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan stroke.

 Kadang-kadang dikenal sebagai hiperlipidemia, kolesterol tinggi tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak menimbulkan gejala apa pun sampai seseorang mengalami penyakit jantung parah.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di Amerika Serikat, dan stroke adalah penyebab utama kelima.

Sekitar 93 juta orang Amerika di atas 20 tahun, atau hampir 40 persen dari populasi AS, memiliki kolesterol tinggi. Sedikit lebih dari setengah orang dewasa dengan kolesterol tinggi mendapatkan pengobatan untuk menurunkannya, catatan CDC.

Diproduksi oleh hati Anda, kolesterol adalah zat lemak padat yang ditemukan di setiap sel tubuh Anda, dan dianggap penting untuk banyak fungsi penunjang kehidupan. Ini membantu tubuh Anda membuat hormon dan vitamin D, dan juga ditemukan dalam senyawa yang dibuat tubuh Anda untuk membantu Anda mencerna makanan, seperti empedu.

Beredar dalam aliran darah dalam bundel kecil lemak dan protein yang disebut lipoprotein, kolesterol datang dalam dua jenis utama: low-density lipoprotein (LDL), yang berkontribusi pada penumpukan plak lemak, dan high-density lipoprotein (HDL), yang diperkirakan untuk melindungi dari penyakit jantung dan stroke. Tes darah yang dikenal sebagai panel lipid dapat mengukur kolesterol LDL dan HDL, serta trigliserida, jenis lemak paling umum dalam darah.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral