ilustrasi diabetes.
Sumber :
  • Pixabay/Tumisu

Manfaat Alami Bawang Putih Bagi Penderita Diabetes, Simak Penjelasannya

Kamis, 18 Agustus 2022 - 14:51 WIB

tvOnenews - Pakar herbal dr. Muthoharrah,M.Si, dalam program Hidup Sehat tvOne menjelaskan bahwa bawang putih bisa menjadi bahan alami untuk tingginya kadar gula darah penyandang diabetes.

Seperti diketahui, diabetes menjadi salah satu permasalahan kesehatan yang cukup umum. Parahnya, jika kondisi diabetes tak dijaga, sangat memungkinkan memicu penyakit berbahaya lainnya sebagai komplikasi. 

Dilansir dari laman VIVA.co.id Seseorang dinyatakan mengidap diabetes apabila glukosa atau gula darah di tubuh menumpuk hingga kadarnya sangat tinggi. Sejatinya, gula yang dikonsumsi dari sumber makanan bisa menjadi energi.

Akan tetapi jika berlebihan, maka bisa memicu kerusakan organ sehingga membuat tubuh tak lagi mampu 'mengolah' gula dalam darah. Alhasil, penyakit diabetes timbul yang ditandai dengan tingginya kadar gula mencapai 200 mg/dL.


img: iStockPhoto

Menurut dr. Muthoharrah, M.Si, bawang putih bisa membuat organ tubuh perlahan 'mengolah' gula darah sehingga tak menumpuk.

"Zat aktif di bawang putih akan stimulasi pankreas untuk nantinya stimulasi insulin. Gula tinggi pada diabetes karena insulin tidak mencukupi sehingga gula di darah meningkat," ujar dr. Muthoharrah,M.Si, dalam program Hidup Sehat tvOne, Rabu 19 Januari 2022.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral