Ilustrasi hasil tes cacar monyet.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

Sejarah Penyakit Cacar Monyet dan Bagaimana Penyebarannya dari Orang ke Orang?

Minggu, 21 Agustus 2022 - 14:39 WIB

Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengkonfirmasi kasus virus cacar monyet atau monkeypox telah terdeteksi di Indonesia sejak virus tersebut menginfeksi seorang warga DKI Jakarta pada 19 Agustus lalu.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO juga telah menetapkan kasus cacar monyet sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan secara global.

Menurut catatan WHO, sekitar 89 negara sudah melaporkan adanya kasus cacar monyet di negaranya masing-masing dan terus berusaha menghentikan penularan virus lewat penutupan pintu baik dari udara, laut dan darat.

Cacar monyet adalah suatu penyakit infeksi virus yang bersifat zoonosis dan jarang terjadi.

Beberapa kasus infeksi pada manusia sebelumnya pernah dilaporkan terjadi sporadis di Afrika Tengah dan Afrika Barat yang lokasi umumnya berdekatan dengan daerah hutan hujan tropis.

WHO mencatat penyakit cacar monyet pada awalnya teridentifikasi pada tahun 1970 di Zaire. Sejak itu, dilaporkan secara sporadis di 10 negara di Afrika Tengah dan Barat.

Awal mulanya, penyakit ini pertama kali diidentifikasi pada sekumpulan monyet yang dipelihara untuk tujuan penelitian pada tahun 1958. Namun, baru pada tahun 1970 ditemukan terjadi pada manusia.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral