ilustrasi cek kolesterol.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel

Turunkan Kadar Kolesterol Hingga Meringankan Diabetes, Ini Sejumlah Manfaat Bawang Putih Tunggal

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 13:33 WIB

tvOnenews - Salah satu bahan bumbu masakan, yakni bawang putih, sudah sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tahukah kamu bahwa ada jenis bawang putih yang cukup jarang terdengar namanya, yaitu bawang putih tunggal.

Bawang putih tunggal biasa disebut juga dengan bawang putih lanang. Dan bawang putih jenis ini memang tidak biasa dipakai sebagai bumbu masakan.

Jika biasanya bawang putih yang sering kita gunakan adalah jenis yang siungnya berkumpul menjadi satu. Bawang putih tunggal sedikit berbeda karena memiliki bentuk utuh tanpa siung, dengan warna yang cenderung lebih putih.

Bawang putih lanang diketahui memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan dengan bawang putih biasa, termasuk untuk kesehatan. Dilansir dari laman HaloDoc, berikut beberapa manfaat bawang putih tunggal bagi kesehatan.

Meringankan Diabetes


Pixabay/tumisu

Konsumsi bawang putih tunggal dua hingga tiga buah secara rutin diketahui dapat membantu menurunkan sekaligus mengontrol kadar gula dalam darah. Kandungan vitamin B dan senyawa allicin dalam bawang putih tunggal akan mendorong pankreas menghasilkan insulin dalam tubuh. Ini akan membantu tubuh memerangi risiko diabetes lebih efektif. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral