Terawan Agus Putranto.
Sumber :
  • IST

Vaksin Nusantara Masuk Lagi di Jurnal Internasional, Diklaim Bukan Vaksin Abal-Abal

Minggu, 28 Agustus 2022 - 20:27 WIB

Jakarta - Hasil uji klinis Vaksin Nusantara yang digagas eks Menter Kesehatan Letnan Jenderal TNI (Purn) Prof Dr dr Terawan Agus Putranto, SpRad(K) terbit di jurnal medis internasional.

Hasil uji klinis tersebut terbit di jurnal Human vaccines & Immunotherapeutics yang terindeks di Scopus. Scopus merupakan jurnal yang mempunyai impact tinggi dan diterbitkan dengan seleksi yang ketat.

Tulisan bertajuk "A personal COVID-19 dendritic cell vaccine made at point-of-care: Feasibility, safety, and antigenspecific cellular immune responses" itu dirilis pada 26 Agustus 2022.

Dalam kata pengantar artikel dituliskan, induksi antibodi penetralisir untuk perlindungan segera adalah penekanan dari laporan awal vaksin COVID-19 yang saat ini tersedia. Namun, ada peningkatan minat pada respons sel-T yang terkait dengan produk ini.

Selanjutnya dituliskan, disebutkan tujuan penelitian tersebut. Pertama menetapkan kelayakan persiapan vaksin sel dendritik pribadi terhadap protein lonjakan SARS-CoV-2 pada titik perawatan.

Kedua, menetapkan keamanan jangka pendek setelah injeksi vaksin subkutan tunggal.

Lalu ketiga, menentukan respons imun spesifik antigen setelah vaksinasi, dan keempat memilih formulasi yang disukai untuk uji coba di masa mendatang.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
07:09
02:26
00:58
Viral