Sosialisasi Pra Menopause bagi warga Kelurahan Panjang, Ambarawa, Kabupaten Semarang..
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Waspadai Stres dan Depresi Bisa Percepat Menopause

Senin, 29 Agustus 2022 - 11:46 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Menjaga pola hidup sehat ternyata tak hanya soal asupan gizi yang kita konsumsi. Namun menjaga pola pikir agar tidak stres dan depresi juga menjadi sesuatu hal yang penting agar keseimbangan hormonal dan fisik selalu terjaga.

Stres dan depresi dapat diakibatkan oleh banyak hal, mulai dari tekanan pekerjaan, aneka permasalahan hingga tidak menjaga pola istirahat (Tidur).

Tentunya hal hal seperti ini jika tidak diatur dengan baik akan memberikan tekanan yang besar terhadap tubuh dan akan bepengaruh pada kesimbangan hormon.

Salah satu sebab dari tidak seimbangnya hormon akibat stres adalah datangnya menopause/ andropause yang lebih cepat dan bisa terjadi sebelum masuk usia 45 tahun.

Kondisi ini disebut dengan menopause pada perempuan atau andropause pada laki- laki yang jamak disebut dengan menopause/ andropause dini.

Menurut Suci Rohandayani, dari Program Studi (Prodi) S1 Kebidanan Universitas Ngudi Waluyo (UNW), situasi ini belum banyak dipahami oleh masyarakat, karena sosialisasi yang masih minim.

“ Dalam kondisi yang belum siap, situasi ini akan dapat berdampak pada gangguan psikologis yang akan dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang,” ungkapnya, Senin (29/8/2022).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral