Ilustrasi Tempe.
Sumber :
  • Pixabay

Banyak Terjual Di Pasar, Tempe dan Oncom Terbukti Turunkan Kolesterol dan Diabetes

Selasa, 6 September 2022 - 23:54 WIB

Tempe dan oncom merupakan makanan asli Indonesia. Ternyata, makanan yang murah meriah dan sederhana ini memiliki banyak manfaat yang menyehatkan tubuh.

Salah satu yang membuatnya menyehatkan yaitu tempe dan oncom kaya dengan kandungan probiotik atau bakteri baik. Probiotik dapat memberi sejumlah manfaat sehat, seperti menyehatkan pencernaan, mencegah kanker, bahkan bermanfaat bagi pengidap diabetes.

dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK, seorang dokter Spesialis Gizi Klinik membenarkan hal tersebut. dr. Juwalita mengungkapkan menurutnya tempe dan oncom aman dikonsumsi bagi pengidap penyakit diabetes. 

“Fakta pasti. Karena urusannya berbeda. Jadi kalau diabetes justru yang kita inginkan seluruh tubuh optimal kerjanya. Nah, salah satu yang menunjang adalah kalau saluran cernanya juga sehat. Makanya probiotik itu penting sekali,” jelas dokter Juwalita pada tayangan program acara Hidup Sehat, tvOne.

Dokter Juwalita juga mengungkapkan selain aman dikonsumsi untuk pengidap diabetes, tempe dan oncom juga dapat membantu menurunkan kolesterol bila pengolahannya benar.

“Fakta tapi bisa jadi mitos. Fakta, kalau di dalam penelitian pada hewan coba, tempe yang diberikan dia di-steam dulu bukan digoreng, jadi hasilnya bagus. Tetapi kalau digoreng akan berbeda lagi,” ujarnya.

Dirinya menilai, tempe dan oncom yang diolah dengan cara di-steam berarti tidak menambahkan kalori yang terkandung didalamnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:23
01:35
01:45
01:54
01:47
15:24
Viral