Vaksin Meningitis Langka, Ribuan Jemaah Umrah Terancam Gagal Berangkat.
Sumber :
  • istimewa

Vaksin Meningitis Langka, Ribuan Jemaah Umrah Terancam Gagal Berangkat

Sabtu, 24 September 2022 - 13:03 WIB

Jakarta - Kelangkaan vaksin meningitis berakibat fatal jika pemerintah terus menerapkan regulasi namun tak menyediakan vaksin dan buku kuning. Bahkan beberapa Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) banyak ditutup sementara untuk layangan vaksin meningitis.

Atas hal tersebut, Ketua Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (DPP AMPHURI), Firman M Nur menegaskan bahwa kelangkaan vaksin meningitis dan International Certificate of Vaccination (ICV) adalah hal yang luar biasa.

“Ini warming buat pemerintah kita. Krisis vaksin ini berakibat kegagalan keberangkatan jamaah umrah,” kata Firman di Jakarta, Jumat (23/9/2022). 

Ia memberikan contoh dari kegagalan jemaah berangkat umrah lantaran terganjal vaksin meningitis dan buku kuning yang ada di Bandara Juanda Surabaya beberapa lalu.

“Itu kejadian sebelum vaksin meningitis langka, apalagi sekarang vaksin meningitis tidak tersedia, pemerintah tidak mampu menyediakan vaksin yang dibutuhkan masyarakat yang mau ibadah,” lanjutnya.

Tak hanya itu, akibat kelangkaan vaksin meningitis dan buku kuning, sejumlah Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) menutup sementara layanan vaksinasi meningitis.

Satu diantaranya yang disampaikan oleh KKP Kelas I Soekarno-Hatta yang mengumumkan tutup sementara sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral