Ilustrasi Kurang Tidur.
Sumber :
  • Pixabay

Tak Hanya dari Mengkonsumsi Makanan, Kolesterol Tinggi Juga dapat Disebabkan Oleh Kurang Tidur. Ini Penjelasannya

Sabtu, 24 September 2022 - 23:33 WIB

Kolesterol tinggi bisa menghantui siapa saja. Kolesterol dapat disebabkan oleh banyak hal. Tidak hanya orang yang sudah usia lanjut, banyak pula usia remaja yang telah mengidap kolesterol tinggi.

Risiko dari kolesterol tinggi tidak disebabkan oleh satu hal, namun terjadi penumpukan kolesterol secara berkala. Hal ini bahkan bisa berujung pada serangan jantung hingga stroke.

Kolesterol tinggi sendiri merupakan kondisi di mana kolesterol dalam darah telah melebihi batas. Sehingga harus diatasi untuk menurunkan kadar kolesterol dan terhindar dari segala risiko kesehatan.

Menurut penjelasan dari situs Healthline, pada kenyataannya kolesterol tidak dapat larut dalam air, sehingga tubuh membutuhkan lipoprotein agar kolesterol dapat larut.

Lipoprotein yang terbuat dari lemak dan protein membawa kolesterol dan trigliserida. Sementara itu ada dua jenis utama lipoprotein yakni low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL).

Kolesterol LDL biasanya disebut sebagai ‘kolesterol jahat’. Hal ini dikarenakan ia membawa kolesterol ke arteri Anda. Apabila kadar kolesterol LDL Anda tinggi, maka hal itu bisa menyebabkan penumpukan di dinding arteri.

Penumpukan ini juga dikenal sebagai plak kolesterol. Plak ini dapat mempersempit arteri Anda, membatasi aliran darah, dan meningkatkan risiko pembekuan darah. Bila gumpalan darah menyumbat arteri di jantung atau otak Anda, hal itu dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral