Es teh.
Sumber :
  • Pixabay

Suka Minum Es Teh? Lebih Baik Menikmatinya Tanpa Gula

Rabu, 28 September 2022 - 08:26 WIB

Jakarta - Es teh manis merupakan salah satu minuman populer di Indonesia. Minuman ini sering dijadikan menu minuman baik di warung pinggir jalan maupun restoran.

Kalau suka es teh manis, coba pertimbangkan untuk mencari alternatif yang lebih sehat. Seperti contoh, meminumnya versi tawar alias tanpa gula.

Dokter mengimbau untuk mengurangi atau menghentikan konsumsi minuman manis dengan kandungan gula terlalu banyak untuk menghindari risiko berbagai penyakit. Salah satunya adalah diabetes melitus.

"Sebenarnya es teh tawar tanpa gula boleh dikonsumsi. Minuman jenis apa saja kalau dengan gula banyak diimbau jangan," ujar Dokter Debora Sarah Annetta, Rabu (28/9/2022).

Anggota Ikatan Dokter Indonesia itu menjelaskan dampak yang bisa terjadi apabila seseorang mengonsumsi terlalu banyak gula.

Pertama, muncul rasa sering haus dan sering buang air kecil. Kedua, orang yang terlalu banyak mengonsumsi gula bisa merasa lelah. Ketiga, pandangannya terasa kabur.

Apabila tidak dikendalikan, konsumsi gula berlebihan dapat berujung menjadi penyakit diabetes melitus yang tidak bisa disembuhkan. Penyakit ini hanya bisa dikontrol.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral