Kanker Serviks dapat menyerang pria.
Sumber :
  • Pixabay

Tak Hanya Menyerang Wanita, Ternyata Kanker Serviks dapat Mengintai Pria, Apa Penyebabnya?

Senin, 17 Oktober 2022 - 19:39 WIB

TvOnenews.com, Kesehatan - Siapa bilang kanker serviks hanya terjadi pada wanita saja. Memang pada umumnya, penyakit yang satu ini dapat menyerang pada wanita.

Penyakit ini menjadi peringkat kedua sebagai salah satu jenis kanker dengan pasien wanita terbanyak di Indonesia. Tercatat pada tahun 2020, WHO mengungkapkan sebanyak 21.003 kasus kematian perempuan di Indonesia akibat kanker serviks.

Namun kenyataannya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa infeksi Human Papillomavirus Genital (HPV), penyebab kanker serviks dapat menyerang para pria

Bila berhubungan seksual dengan wanita yang terinfeksi HPV, maka virus tersebut dapat menular pada pasangan. Virus ini juga dapat mengintai pria dengan dampak jenis kanker lainnya, seperti kanker penis dan kandung kemih.

“Laki-laki bisa kena HPV. Bisa alami kanker juga arena HPV seperti kanker penis pada pria. Maka, bisa juga divaksin seperti di Australia dan US divaksin pada usia 9-25 tahun,” ungkap Ketua Dewan Penasihat Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia, Prof. Dr. dr. Andrijono, SP.OG(K)-Onk.


Ilustrasi Sperma. (Ist)

Infeksi HPV pada pria dapat memberikan dampak yang membahayakan pada reproduksi pria, seperti gangguan pada sperma. Andrijono meniai, penderita infeksi HPV terbukti jumlah sperma yang dimiliki lebih sedikit dibandingkan dengan pria sehat lainnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral