Seorang dokter aesthetic bagikan informasi mengenai kanker payudara di kegiatan Run for Breast Cancer Awareness di Softball Stadium Gelora Bung Karno, Minggu (23/10/2022).
Sumber :
  • tim tvonenews/Rika Pangesti

Kanker Mematikan Nomor 1 di Indonesia, 'SADARI' Gejala Kanker Payudara Sejak Dini

Minggu, 23 Oktober 2022 - 10:40 WIB

Jakarta - Kanker payudara atau breast cancer dapat menyerang siapapun dan kapanpun. Penyakit ini tak hanya dapat menyerang perempuan, melainkan pria pun dapat menderita kanker payudara.

Kanker payudara menempati urutan pertama terkait jumlah kanker terbanyak di Indonesia serta menjadi salah satu penyumbang kematian pertama akibat kanker.

Pernyataan ini diungkapkan oleh Dokter Fala Dinda, seorang dokter aesthetic dalam acara talk show "Run for Breast Cancer Awareness' di Stadium Softball, Gelora Bung Karno, pada Minggu (23/10/2022).

Fala Dinda juga merupakan penyintas kanker payudara dan penggiat olahraga lari. Dia mengajak semua masyarakat untuk 'Sadari' (Periksa Payudara Sendiri).

Menurut dia, kematian akibat kanker bisa dikalahkan apabila setiap orang melakukan deteksi dini dan menghindari faktor risiko penyebab kanker.

"Sebagian besar kasus kan pasti karena ada benjolan, nah makanya kenali diri sendiri, jika memang ada benjolan langsung diperiksakan ke dokter. Itu yang paling utama kita harus 'Sadari' periksa payudara Sendiri," jelas dr. Farla saat diwawancarai di lokasi talkshow.

Menurutnya, penyakit kanker ini tak bisa dicegah. Namun dia memberikan tips kepada penyintas untuk tetap semangat menjaga kesehatan dengan berolahraga.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
03:14
02:13
03:28
Viral