Ilustrasi Kanker Payudara.
Sumber :
  • Istimewa/istockphoto.com

5 Makanan Sehat yang Dianjurkan untuk Penderita Kanker Payudara

Minggu, 20 November 2022 - 20:04 WIB

Kesehatan - Penderita kanker payudara di Indonesia semakin bertambah. Bahkan, menurut data Globocan dan Kemenkes RI, Indonesia mencatat lebih dari 390 ribu kasus kanker baru di tahun 2020 dan sekitar 17 persen di antaranya adalah kasus kanker payudara

Tingginya angka kanker payudara di Indonesia membuat praktisi kesehatan mengimbau pada masyarakat untuk rutin melakukan Periksa Payudara Sendiri (SADARI) dan Periksa Payudara Klinis (SADANIS) di instansi kesehatan seperti rumah sakit. 

Tak hanya itu, bagi korban pengidap kanker harus menjaga pola hidup dan pola makan agar sel kanker tak makin mengganas. Tidak cukup hanya dengan itu, mereka juga mesti mengonsumsi makanan yang tepat guna mendukung proses kesembuhan. 

Dilansir dari VIVA, fakta dari American Cancer Society mengatakan bahwa mengonsumsi makanan bernutrisi dapat membantu pasien kanker payudara terhindar dari efek samping pengobatan.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang tepat juga dapat membantu meningkatkan energi dan menurunkan risiko perburukan kondisi. 

Selain itu, sebuah penelitian pada hewan pengerat yang mengkonsumsi 8-25 persen kalori dari omega-3 terlihat memiliki 20-35 persen lebih rendah terkena kanker payudara. 

Bahkan, penelitian lain yang melibatkan lebih dari 3.000 wanita, menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan sehat tinggi omega-3 memiliki risiko 25 persen lebih rendah untuk kanker payudara kambuh selama 7 tahun ke depan. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:16
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
Viral