Ilustrasi Kanker Kelenjar Getah Bening.
Sumber :
  • Istimewa/istockphoto.com

7 Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening, Nomor 5 Wajib Diwaspadai

Minggu, 20 November 2022 - 20:47 WIB

Kesehatan - Gejala kanker kelenjar getah bening wajib diwaspadai. Sebab, penyakit kanker ini dapat berisiko fatal terhadap kondisi tubuh manusia. 

Bahkan, kanker kelenjar getah bening termasuk jenis kanker yang ganas yang menyerang sistem limfatik atau pertahanan tubuh. 

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Diah Ari Safitri menjelaskan, bahwa pada kanker darah, umumnya gejala yang sering timbul adalah lemas karena anemia, perdarahan karena jumlah trombosit rendah, atau infeksi karena sel darah putih yang kurang. 

lanjutnya menjelaskan, pada limfoma seringkali keluhan awal yang timbul adalah benjolah pada daerah kelenjar getah bening yang tidak nyeri. 

“Kelenjar getah bening berada di seluruh tubuh kita dan bergabung dalam sistem limfatik bersama dengan tonsil, limpa dan timus,” ujar Diah Ari Safitri seperti yang dilansir dari primayahospital, Minggu (20/11/2022).

Kemudian, dia katakan, kanker kelenjar getah bening dapat diobati dengan terapi. Selain itu, ia sebutkan pilihan pengobatan limfoma ditentukan berdasarkan faktor penyakit, penderita dan ketersediaan obat. 

“Nah, yang termasuk faktor penyakit misalnya adalah jenis dan subtipe limfoma, serta stadium limfoma. Faktor penderita meliputi umur, penyakit penyerta lain pada pasien misal jantung, diabetes, serta kondisi penderita secara umum. Sedangkan faktor terakhir adalah ketersediaan obat.” ungkapnya.

Selanjutnya dijelaskannya, terapi pada limfoma ini dapat meliputi pengobatan tunggal atau kombinasi dengan radioterapi, kemoterapi, dan imunoterapi. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral