Ilustrasi kolesterol tinggi..
Sumber :
  • U-report

Kolesterol Tinggi Berapa? Berikut Gejala Kolesterol Tinggi yang Jarang Disadari

Selasa, 29 November 2022 - 13:19 WIB

tvOnenews, Kesehatan - Kolesterol adalah lemak yang diproduksi di dalam hati. Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi hormon dan melancarkan pencernaan. Kolesterol tinggi berapa? Berikut gejala kolesterol tinggi yang jarang disadari.

Tapi, kadar kolesterol yang terlalu tinggi malah berisiko menimbulkan penyakit serius seperti stroke dan jantung. Kolesterol didapat dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Kolesterol tinggi berapa? Berikut gejala kolesterol tinggi yang jarang disadari, Simak selengkapnya dibawah ini..
dr. Dewi Widyastuti, Sp.PD yang merupakan Dokter Spesialias penyakit dalam, menjelaskan soal beberapa gejala kolesterol tinggi, makanan yang mengandung kolesterol hingga kadar batas kolesterol normal di Program lifestyleOne yang tayang di kanal Youtube Kata Dokter.

Apa itu Hyperkolesterolimia?

Dokter Dewi menjelaskan, Hyperkolesterolimia merupakan suatu kondisi dimana terjadinya peningkatan kolesterol di dalam darah. Kolesterol ini sendiri adalah bentuk dari lemak di dalam darah. Kolesterol ini bisa berikatan dengan protein atau disebut lipoprotein

Jenis-jenis Kolesterol 

Ada beberapa jenis kolesterol, jenis yang pertama yaitu LDL (low density liprotein) atau kolesterol jahat. Yang kedua yaitu HDL (high density lipoprotein) atau lemak baik. Jenis kolesterol yang ketiga yaitu kolesterol trigliserida dan yang keempat yaitu sering disebut total kolesterol.

Dalam pemeriksaan kolesterol dalam darah, empat jenis kolesterol ini bisa diperiksa secara bersamaan dengan syarat melakukan puasa sebelumnya 8 sampai 12 jam.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral