Ilustrasi Kanker Kelenjar Getah Bening.
Sumber :
  • Istimewa/istockphoto.com

Kenali 7 Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening, Begini Cara Atasinya

Minggu, 4 Desember 2022 - 22:44 WIB

Kesehatan, tvOnenews.com - Mengidap kanker kelenjar getah bening sangat beresiko, sebab bisa mengakibatkan kematian. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk waspada dengan penyakit ini.

Terutama, wajib bagi Anda mengetahui atau mengenali gejala-gejala pada kanker kelenjar getah bening
Spesialis penyakit dalam, dokter Dewi Widyastuti menjelaskan, setiap manusia pada dasarnya sudah memiliki kelenjar getah bening yang ukurannya kurang dari 1 centimeter, sehingga apabila diraba tidak terlalu terasa.

“Untuk kondisi tertentu jika ukurannya semakin membesar, bisa diketahui dengan beberapa tanda lain, misalnya sesak napas, suara menjadi parau atau serak, terutama bagi pasien yang alami kelenjar getah bening di area leher,” ungkap dokter Dewi Widyastuti seperti yang dilansir dari kanal kesehatan tvone, Minggu (4/12/2022).


Selain itu, dokter Dewi juga jelaskan penyebab kanker kelenjar getah bening, yang umumnya disebabkan karena faktor genetik. Kemudian, faktor lingkungan seperti makanan dengan bahan pengawet berlebih, serta paparan radiasi juga dapat memperburuk kondisi.

“Untuk faktor lingkungan tidak dipengaruhi oleh polusi, namun lebih mengarah kepada paparan terhadap tubuh, biasanya makanan berbahan pengawet dan radiasi. Itu bisa menyebabkan suatu sel bertransformasi menjadi ganas,” ujarnya.

Tak hanya itu saja, dokter Dewi juga sebutkan, yang membedakan antara kanker tiroid dan kanker kelenjar getah bening dapat diketahui dari lokasi kemunculan benjolan di area tubuh.

“Tiroid itu dia posisinya di tengah, nah untuk kelenjar getah bening biasanya mereka terjadi di lokasi samping, itu saja sebetulnya yang membedakan.” pungkasnya. 

Kemudian, Anda juga harus mengenali  tujuh (7) gejala kanker kelenjar getah bening yang patut anda ketahui. 

Ilustrasi Seseorang Terkena Kanker Kelenjar Getah Bening.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral