Ilustrasi Sakit Gigi.
Sumber :
  • Pexels.com/Pavel Danilyuk

Catat! Berikut 5 Bahan Alami yang Dipercaya Sebagai Obat Ampuh untuk Meredakan Sakit Gigi

Senin, 5 Desember 2022 - 19:42 WIB

Jakarta - Kebanyakan orang pasti pernah merasakan bagaimana sakit gigi bisa terasa sangat mengganggu aktivitas seharian, rasa nyeri yang dirasakan biasanya akan membuat seseorang tidak fokus dengan pa yang sedang mereka kerjakan.
 
Maka dari itu perlu diingat bahwa sakit gigi bukanlah penyakit yang bisa disepelekan dan jika tidak segera diatasi sakit gigi bisa semakin parah bahkan akan membuat anda benar-benar kesulitan ketika mengonsumsi makanan.

Sakit gigi biasanya diakibatkan karena adanya kerusakan pada gigi entah itu gigi yang bolong atau luka pada gusi, maka dari itu sangat sangat diajurkan untuk menjaga kebersihan dan meraat gigi anda.

Banyak sekali cara untuk mencegah sakit gigi dari yang paling mudah seperti menyikat gigi secara teratur dengan pasta gigi yang mengandung fluoride dan juga sikat gigi dua-tiga kali dalam sehari, jangan menykat gigi secara berlebihan. 

Selain itu anda juga bisa memeriksakan diri ke dokter gigi untuk merawat serta menjaga kebersihan gigi dan sebaiknya hal tersebut bisa anda lakukan sedari dini, periksakan gigi dua kali dalam setahun untuk pembersihan yang lebih dalam.

Namun bila anda menderita sakit gigi kini ada berbagai macam jenis obat yang bisa meredakan nyeri pada gigi dan gusi, tapi perlu diinngat penggunaan obat secara berlebih pun memeiliki efek samping pada tubuh anda.

Selain obat-obatan kimia sebenanrnya ada banyak bahan natural yang sejatinya diperaya dan kerap digunakan sebagai obat sakit gigi, maka dari itu dilansir dari situs Halodoc berikut beberapa obat yang terbuat dari bahan-bahan alami yang ampuh untuk meredakan sakit gigi.

1. Berkumur Air Garam

Salah satu cara yang dipercaya sejak zaman dulu dan dianggap sebagi salah satu cara yang cukup efektif untuk meredakan nyeri saat sedang mendrita sakit gigi adalah dengan berkumur air garam.

Cara ini jga bisa dibilang sangatlah simpel, Pertama, anda bisa melarutkan satu sendok teh garam di air panas yang sudah didihkan. Kemudian, anda bisa berkumur menggunakan larutan air garam tersebut selama kurang lebih 30 detik lalu buang air itu dari mulut dan brhat-hatilah jangan sampai airnya tertelan.

Berkumur air garam dipercaya mampu membersihkan daerah di sekitar gigi dan menarik keluar cairan yang menyebabkan pembengkakan pada bagian gigi dan gusi. Menariknya lagi, air garam juga bisa membersihkan sisa-sisa makanan yang berada di sekitar gigi.

2. Lemon

Satu hal yang cukup menarik kandungan pada buah lemon tidak hanya baik dan bermanfaat untuk sistem imun saja, namun keasaman buah lemon dinilai cukup efektif untuk mengatasi rasa nyeri saat sakit gigi.

Buah lemon dikenal kaya akan antiseptik dan antibakteri, 

Cara menggunakan lemon untuk meredakan sakit gigi sangatlah sederhana. Pertama, peraslah lemon dan biarkan tetesannya menyentuh bagian gigi yang terasa sakit.

Bisa pula mencampurkan sedikit perasan buah lemon dengan sedikit air menggunakan kapas, lalu aplikasikan pada gigi yang sakit. 

3. Daun Jambu

Daun jambu bersifat analgesik, anti radang sekaligus sebagai antimikroba. Cara menggunakannya kunyahlah daun jambu merah yang bersih sebanyak satu atau dua lembar hingga ekstraknya keluar. Selanjutnya, oleskan ekstrak daun pada bagian gigi yang sakit menggunakan lidah.

Selain itu, kamu bisa juga dengan merebus lima lembar daun jambu. Setelah mendidih, diamkan rebusan tadi sampai suhunya menghangat, lalu tambahkan sedikit garam. Selanjutnya, pakai rebusan tersebut untuk berkumur.

4. Cuka Apel

Cuka apel juga dikenal sebagai salah satu bahan-bahan alami yang biasa dimanfaat untuk meredakan sakit gigi. Cuka apel diketahui mengandung senyawa antimikroba dan antibakteri yang efektif untuk meredakan sakit gigi.

Pengaplikasian cuka apel untuk meredakan nyeri saat sakit gigi pun sangatlah mudah, anda cukup berkumur menggunakan cuka apel setidaknya selama 30 detik saja.

5. Teh

Teh peppermint juga bisa membantu untuk meredakan sakit gigi. Cobalah rebus daun teh ini hingga mendidih. Setelah dingin, berkumurlah dengan air ini. Air kumur tersebut boleh ditelan atau dibuang. Teh peppermint mengandung zat tanin yang membantu untuk meredam rasa sakit gigi dan mengurangi pembengkakan.

Hal yang perlu digarisbawahi, beberapa bahan alami di atas masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna memastikan manfaatnya untuk kesehatan gigi. (akg)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:13
02:42
07:20
11:14
04:24
04:36
Viral