ilustrasi olahan daging.
Sumber :
  • Freepik/zukamilov

Sejumlah Makanan Lezat Berikut Sebaiknya Dihindari Oleh Penderita Kolesterol, Apa Saja?

Rabu, 4 Januari 2023 - 16:00 WIB

tvOnenews.com, Kesehatan - Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh tubuh dan dibutuhkan membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak.

Melansir laman HaloDoc, dalam kadar yang sesuai, kolesterol sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal. 

Namun, sebagaimana yang kita ketahui, jika kadar kolesterol terlalu tinggi dapat berpotensi menyebabkan sejumlah penyakit dan komplikasi. Di antara yang paling umum kita jumpai adalah kondisi kolesterol tinggi yang dapat meningkatkan risiko penyakit serangan jantung dan stroke.

Untuk menghindari hal tersebut, bukan berarti kita harus menghilangkan kolesterol sama sekali. Sebab, tubuh masih membutuhkannya untuk dapat bekerja dengan baik. 

Maka dari itu, bagi pasien yang memiliki kadar kolesterol tinggi, diharuskan untuk menjaga asupan makan. Terutama dari sejumlah makan yang mengandung kolesterol tinggi seperti daging merah dan produk susu.

Terkait hal tersebut, Spesialis Gizi Klinik Dr. dr. Samuel Oetoro, MSc, MS, SpGK(K), menjelaskan bahwa daging merah mengandung lemak tinggi sehingga perlu dihindari oleh penderita kolesterol.

“Fakta. Kenapa? Karena kalau Anda beli daging merah, Anda potong, Anda lihat. Di antara serat merahnya ada garis putih. Garis putih itu lemaknya, kolesterolnya. Jadi itu harus dihindari si daging merah itu,” ungkap dr. Samuel dalam program acara Hidup Sehat, tvOne.

Dokter Samuel menyarankan untuk memeriksa ke dokter atau laboratorium jika ingin mengetahui kadar kolesterolmu. Setelah mendapatkan hasil dari laboratorium, kemudian dapat diketahui program yang cocok untuk dijalankan tentunya yang sesuai dengan anjuran dari dokter.

“Memang kolesterol itu dibutuhkan oleh tubuh buat pembentukan hormon. Tapi pada saat dia berlebihan, pembentukan hormon tetap jalan, tapi kemungkinan terjadi sumbatan pembuluh darah menjadi lebih tinggi,” jelasnya.

Selain itu, dr. Samuel juga menerangkan bahwa untuk menurunkan kolesterol diperlukan pola makan terbaik dengan cara menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi. 

“Otak, kuning telur, hati, apalagi usus, daging yang berlemak. Selain mengandung kolesterol tinggi, dia (daging berlemak) juga mengandung asam lemak jenuh yang tinggi, kalau diserap dia akan dibentuk menjadi kolesterol juga,” ujar dokter Samuel.

Agar kolesterol dalam tubuh tidak semakin tinggi, Samuel menyarankan untuk perbanyak mengkonsumsi buah, sayuran, kacang-kacangan, dan ikan yang mengandung Omega-3 yang tinggi.

“Itu untuk menghambat tubuh terbentuk kolesterol. Jangan makan yang digoreng. Makan buah dan sayur yang warna-warni, karena di warna buah, warna sayur, terkandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang merusak tubuh kita,” tutup dr. Samuel Oetoro.

Namun, agar dapat mengetahui lebih lanjut apakah langkah yang dapat dilakukan untuk konsultasi pada dokter dan tidak sembarang minum obat. 

Kamu juga bisa menjalani gaya hidup sehat sebagai alternatif yang dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol yang sering kali disebabkan oleh gaya hidup yang buruk.

Berolahraga setiap hari penting untuk kesehatan tubuh dan jantung yang sehat. Berhenti merokok dan minum lebih sedikit alkohol, juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol.

Tentunya obat-obatan yang diresepkan oleh dokter pribadimu juga dapat membantu mengendalikan kolesterol tinggi. Namun kamu juga bisa beralih ke diet sehat yang kaya buah-buahan, sayuran dan biji-bijian sebagai selingan. 

Kurangi konsumsi jenis makanan olahan dan kemasan. Makanan tinggi lemak jenuh, seperti sosis, biskuit, dan keju sebaiknya dihindari atau dikonsumsi dalam jumlah sedikit. (Kmr/Mzn)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral