SADARI untuk mencegah kanker payudara.
Sumber :
  • Freepik

7 Langkah Mudah SADARI untuk Mencegah Kanker Payudara, Pemeriksaan Mandiri dari Rumah Saja

Senin, 9 Januari 2023 - 17:00 WIB

Jakarta – Bagi wanita kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang mengancam dan paling ditakuti. Pasalnya, penyakit satu ini paling umum menyerang wanita setelah kanker kulit.

Karena itu, penting bagi setiap perempuan untuk mulai melakukan pengecekan dini terhadap risiko kanker payudara. Pengecekan kanker payudara paling awal bisa dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan teknik SADARI.

Teknik SADARI merupakan kepanjangan dari PerikSA payuDAra sendiRI. Cara satu ini terkesan sangat sederhana tapi cukup efektif untuk membantu mendeteksi dini kanker payudara.

Setiap perempuan disarankan untuk melakukan SADARI ini seminggu setelah periode menstruasi berakhir atau hari ke 7-10 pasca menstruasi. Tidak disarankan untuk melakukan pemeriksaan kanker payudara pada masa menstruasi, ya.


SADARI untuk bantu atasi kanker payudara (Freepik)

Pasalnya, saat itu kadar hormon sedang berfluktuasi sehingga menyebabkan perubahan pada tubuh, termasuk pada payudara yang menjadi lebih kencang. Jangan malas untuk melakukan SADARI, karena semakin awal kanker payudara ditemukan maka akan semakin mudah diobati.

Langkah untuk melakukan SADARI

Dilansir dari website Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan SADARI. Berikut ini adalah langkah untuk melakukan pengecekan payudara guna mencegah kanker payudara.

  1. Berdiri tegak di depan kaca. Selanjutnya, perhatikan dengan teliti apabila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara. Teliti juga apakah ada pembengkakan dan atau perubahan pada putting payudara.
  2. Selanjutnya, angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku, dan posisikan tangan di belakang kepala. Lantas dorong siku ke depan dan cermati payudara dengan seksama. Jika sudah lanjut dengan mendorong siku ke belakang dan cermati bentuk maupun ukuran payudara.
  3. Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan, sehingga payudara menggantung dan dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan otot dada.
  4. Angkat lengan kiri ke atas dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak.
  5. Lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan.
  6. Selanjutnya, cubit kedua puting. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting, baik yang bening maupun berdarah. Segera buat janji dengan dokter bila hal itu terjadi.
  7. Pada posisi tiduran, letakkan bantal di bawah pundak kanan. Angkat lengan ke atas. Perhatikan payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Dengan menggunakan ujung jari-jari, tekan-tekan seluruh bagian payudara hingga ke sekitar ketiak.

Sebagai catatan jika bentuk payudara kanan dan kiri tidak simetris saat melakukan SADARI sebaiknya tidak perlu khawatir. Karena hal tersebut sangat wajar terjadi, asalkan tidak disertai keberadaan benjolan atau cairan tidak wajar yang keluar dari payudara. (Lsn)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral