Buah Sirsak.
Sumber :
  • Pexels.com

Berikut Manfaat Daun Sirsak yang Dipercaya Ampuh Stabilkan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes

Minggu, 15 Januari 2023 - 23:01 WIB

Jakarta, tvOnews.com - Saat ini banyak sekali tanaman hingga buah-buahan yang dijadikan sebagai obat alami untuk para penderita Diabetes. Diabetes sendiri menjadi salah satu penyakit kronis cukup banyak diderita oleh masyarakat.  

Diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang biasanya akan diderita untuk jangka waktu yang cukup panjang yang berkaitan dengan kadar gula pada tubuh ini biasanya muncul karena faktor keturunan atau gaya hidup.

Diabetes ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) pada tubuh yang berada di ambang batas normal, hal itu terjadi ketika tubuh pengidapnya tidak lagi mampu mengambil gula (glukosa) ke dalam sel dan menggunakannya sebagai energi

Dimana hal tersebut menyebabkan terjadinya penumpukan gula pada tubuh para pengidapnya dan jika tidak ditangani penyakit ini bisa sangat berbahaya dan menyebabkan kerusakan pada bagian organ serta jaringan pada tubuh.  

Saat ini ada banyak obat medis untuk penyakit diabetes yang dinilai cukup ampuh untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi pada tubuh, tapi kepopuleran obat herbal untuk penyakitnya ini pun masih banyak diminati oleh masyarakat. 

Salah satu ramuan herbal yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk para penderita diabetes adalah daun sirsak bukan hanya itu bahkan daun sirsak diyakini punya potensi untuk mengobati berbagai jenis penyakit kanker.

Bukan cuma buahnya yang enak untuk dikonsumsi sejumlah bagian dari tanaman ini juga dipercaya mengandung banyak sekali kandungan yang bisa dijadikan sebagai obat, mulai dari kulit batang, akar, daun, buah, hingga bijinya. Melansir laman halo doc berikut, manfaat daun sirsak untuk atasi penyakit Diabetes.

Dalam beberapa penelitian sirsak baik buah maupun daunnya dinilai punya banyak manfaat, khususnya pada bagian daun sirsak dapat membantu mengatasi diabetes melitus hingga mencegah penyakit tersebut.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan Journal of Ethnopharmacology, melakukan studi tentang penggunaan ekstrak daun sirsak dalam pengobatan tradisional diabetes. 

Pada penelitian tersebut, disimpulkan kalau pemberian tunggal ekstrak daun sirsak pada tikus terbukti mengurangi kadar glukosa darah sebesar 75 persen pada dosis 100 mg/kg dibandingkan dengan nilai awal.

Buah Sirsak juga dipercaya mampu menstabilkan kadar gula darah pada tubuh dimana buah sirsak juga telah terbukti membantu mengatur kadar gula darah dalam beberapa penelitian pada hewan. 

Meskipun hal tersebut perlu penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan, temuan ini menunjukkan bahwa sirsak punya manfaat untuk diabetes kalau dipasangkan dengan diet sehat dan gaya hidup aktif. 

Namun satu hal yang perlu diperhatikan mengonsumsi obat herbal untuk diabetes tidak boleh sembarangan karena hal tersebut bisa mempengaruhi efektivitas dari obat medis. (akg)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
06:06
01:05
01:46
02:38
03:57
Viral