Cara mencegah penyakit kanker.
Sumber :
  • Freepik

Turunkan Risiko Penyakit Kanker dengan Rutin Melakukan 5 Hal Sederhana Berikut ini

Selasa, 17 Januari 2023 - 06:30 WIB

JakartaKanker disebut-sebut sebagai     silent killer karena tidak terasa pada stadium awal. Umumnya penderita kanker baru mulai menyadari gejalanya ketika sudah memasuki stadium akhir.

Hal inilah yang perlu diwaspadai banyak orang sebab pada stadium akhir tingkat kesembuhan seseorang cenderung lebih kecil. Namun dibandingkan mengobati tentunya akan lebih baik jika masyarakat aware mengenai pencegahan kanker.

Tidak perlu khawatir, sebenarnya untuk mencegah kanker tidak perlu obat-obatan khusus. Cukup lakukan gaya hidup sehat dan risiko penyakit ini akan menurun.

Sejauh ini ada beberapa pola hidup sehat yang berpotensi besar menurunkan risiko penyakit kanker. Berikut ini upaya pencegahan penyakit kanker yang bisa diupayakan oleh masyarakat.


Ilustrasi menghindari rokok untuk mencegah penyakit kanker (Freepik)

Hindari rokok

Merokok tidak hanya menyebabkan masalah pada paru-paru namun juga bisa menjadi pemicu penyakit kanker. Beberapa risiko kanker yang bisa meningkat karena konsumsi rokok adalah kanker mulut, kanker paru, kanker tenggorokan, kanker pankreas, dan jenis kanker lainnya.

Hal ini terjadi karena asap pembakaran rokok memiliki sifat karsinogenik (dapat memicu kanker). Artinya, zat kimia pada rokok dapat menyebabkan peradangan yang berisiko merusak DNA dalam sel tubuh sehingga sel tidak berfungsi dengan maksimal.

Bukan hanya pada pemakaiannya, bahaya merokok ini ternyata juga bisa berisiko

Konsumsi makanan sehat

Cara mencegah kanker selanjutnya adalah mengonsumsi asupan nutrisi yang cukup. Untuk mencegah kanker sebaiknya perbanyak mengonsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, serta kacang-kacangan.

Selain itu, sebaiknya batasi juga mengonsumsi makanan olahan yang cenderung tinggi kalori, lemak tak sehat, dan gula tambahan. Dilansir dari Alodokter, makanan-makanan tersebut berisiko meningkatkan terjadinya kanker.

Jaga berat badan sehat

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker adalah mempertahankan berat badan ideal. Cara ini memang sederhana namun ternyata dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara, kanker prostat, paru-paru, usus besar, dan ginjal.

Untuk menjaga berat badan ideal, sebaiknya batasi porsi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Perbanyak makan makanan yang mengandung protein dibandingkan lemak jenuh.

Rutin berolahraga

Cara mencegah kanker selanjutnya adalah menjaga berat badan ideal. Bukan hanya mengonsumsi makanan sehat, menjaga berat badan ideal juga ditempuh dengan rutin berolahraga. Dilansir dari Alodokter, aktif secara fisik dapat menurunkan risiko kanker sebanyak 10-20%.

Ada banyak olahraga yang bisa dilakukan untuk menjaga berat badan ideal. Apapun olahraganya, asalkan dilakukan secara rutin minimal 30 menit dalam sehari efeknya sangat baik untuk tubuh.

Lindungi kulit dari radiasi matahari

Radiasi sinar matahari merupakan salah satu faktor penyebab kanker kulit yang jarang disadari. Untuk menjaga hal ini setiap orang disarankan menggunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan di atas jam 10 siang.

Dikutip dari Hellosehat, seseorang disarankan untuk menggunakan tabir surya setiap 2 jam sekali. Untuk perlindungan ekstra kenakan juga pelindung lain, seperti topi, jaket, atau payung untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung.

Itulah 5 cara mencegah kanker yang bisa dilakukan oleh banyak orang. Selain cara-cara ini pastikan juga untuk melakukan deteksi kanker sedini mungkin. Lakukan skrining awal secara berkala sangat diperlukan, terutama bagi seseorang yang memiliki risiko penyakit kanker. (Lsn)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral