Eksotisme Pantai Karang Bolong di Kabupaten Sukabumi.
Sumber :
  • Rizki Gustana

Karang Bolong Sukabumi, Pantai yang Setelah Ditinggalkan Penambang Pasir Hitam jadi Tempat Wisata Keren Banget

Sabtu, 20 November 2021 - 11:29 WIB

Kab. Sukabumi, Jawa Barat - Bagi anda para petualang, harus mencoba menikmati indahnya pantai Karang Bolong yang berada di Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. Pantai bekas penggalian pasir hitam ini, ditinggalkan penambang untuk wisata alam.

Lelah perjalanan dari arah Kota Sukabumi ataupun Jakarta akan terbayar begitu tiba di pantai yang penuh pesona ini.

Ya, kawasan wisata yang sebelumnya sempat dirusak oleh penambang pasir ilegal kini mulai menawan para petualang lokal maupun mancanegara.

Pantai Karang Bolong nan eksotis kian diminati para wisatan. Spot-spot kamping yang menghampar luas di dua kecamatan yakni Kecamatan Cibitung yang tepatnya berada di Kampung Cikawung, Desa Cibitung dan Kecamatan Surade yang tepatnya berada di Kampung Karang Bolong, Desa Sukatani, menambah gairah menjaga alam Sukabumi kian bergelora.

“Saya pertama kali ke sini tahun 2014, waktu itu masih alami kemudian datanglah para penambang pasir ilegal," kata Ramadhani yang merupakan anggota Komunitas Pegiat Alam Terbuka Pajampangan, Sabtu (20/11/2021).

"Saya bersama komunitas melakukan perlawanan dan atas doa dan bantuan dari kepolisian akhirnya para penambang liar itu dibubarkan paksa dan alhamdulilah sudah menghentikan aktivitasnya," tambahnya.

Masa awal perlawanan terhadap cukong penambang pasir besi mendapatkan tantangan berat, teror hingga ancaman bermunculan, untung saja pihaknya dibantu masyarakat sekitar yang sepakat untuk membuat kawasan tersebut sebagai tempat wisata dan dibersihkan dari aktivitas perusakan lingkungan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:40
02:00
02:22
02:28
01:11
03:46
Viral