Zona Sea Life Cedea Taman Pintar menjadi lokasi favorit wisatawan domestik di akhir pekan..
Sumber :
  • tim tvOne - Nuryanto

Asyiknya Berlibur Akhir Pekan di Zona Sea Life Cedea Taman Pintar Yogyakarta

Minggu, 10 September 2023 - 11:30 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Pada libur akhir pekan ini, tingkat kunjungan wisatawan ke kawasan Taman Pintar Yogyakarta mengalami kenaikan. Salah satu wahana baru yang menjadi favorit wisatawan adalah Zona Sea Life.

Menurut Kepala UPT Pengelolaan Taman Budaya, Retno Yuliani, tingkat kunjungan di Zona Sea Life Cedea Taman Pintar dalam sepekan mencapai sekitar 7 ribu wisatawan.

"Kalau rata-rata kunjungan per hari di Taman Pintar per bulan September ini (low season) sekitar 1000-2500 pengunjung per hari. Namun, pada saat peak season, rata-rata kunjungan bisa mencapai  2000-3500 wisatawan," jelas Retno.

Ia menambahkan, Taman Pintar Yogyakarta bekerja sama dengan PT. CitraDimensi Arthali (master brand CEDEA) membuka wahana baru, yakni Zona Sea Life di lantai 2 Gedung Kotak Taman Pintar. Zona ini dibuat untuk memberikan edukasi tentang kehidupan dalam laut serta pentingnya menjaga kelestarian perairan Indonesia kepada pengunjung.

Zona Sea Life baru beroperasi secara efektif selama sepekan terakhir. Walaupun begitu, zona ini mampu menarik antusiasme pengunjung. Mereka  mencoba VR dan mewarnai ikan.

"Mayoritas pengunjung di zona ini mulai usia TK hingga SD dari Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat," ungkapnya.

Zona Sea Life berisi pengetahuan akan empat zona kedalaman laut, yaitu Trenches - Abyssal Zone, Midnight Zone, Twilight Zone, dan Sunlight Zone. Secara mendalam, pengunjung akan dibawa dalam alur kedalaman laut, mempelajari perubahan-perubahan kondisi laut dari segi kualitas masuknya cahaya, hingga memperkenalkan jenis-jenis hewan laut yang dapat ditemukan di tiap zonanya.

Salah seorang pengunjung yang merupakan wisatawan anak-anak, Tristan mengatakan, dirinya sangat senang bisa datang ke Zona Sea Life Cedea di Taman Pintar. Di zona ini, ia mewarnai ikan dan biota laut lainnya.

"Lagi menggambar ikan. Ya, tidak susah karena di layar sudah ada contoh ikan-ikannya. Saya senang sekali," ungkap Tristan.

Laut dan perairanmencakup sekitar 60%-70% dari luas wilayah Indonesia. Keberadaan wahana ini diharapkan mampu memperkaya ilmu pengetahuan yang ada di Taman Pintar serta meningkatkan motivasi dan minat masyarakat untuk mempelajari ilmu oseanografi. (nur/ard)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral