Benteng Gordion.
Sumber :
  • TGA

Situs Arkeologi di Turki Ini Terdaftar Sebagai Warisan Dunia UNESCO

Sabtu, 30 September 2023 - 14:22 WIB

tvOnenews.com - Situs arkeologi Gordion di Ankara, Turki masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO pada 18 September lalu. Keputusan itu diambil pada sidang Komite Warisan Dunia atau World Heritage Committee (WHC) UNESCO di Riyadh, Arab Saudi. 

Situs Gordion menjadi situs warisan ke-20 Turki yang masuk dalam daftar tersebut. Konvensi Warisan Dunia UNESCO menggambarkan kota kuno Gordion sebagai pemukiman kuno berlapis-lapis, meliputi ibu kota kuno Frigia, sebuah kerajaan independen di Zaman Besi. 

"Penggalian dan penelitian arkeologi di situs tersebut telah mengungkap kekayaan peninggalan yang mendokumentasikan teknik kontruksi, pengaturan tata ruang, struktur pertahanan dan praktik penguburan yang menggambarkan budaya dan ekonomi Frigia," terang UNESCO. 

Gordion teletak di distrik Polatli di Ankara dan meninggalkan jejang panjang di tanah Anatolia. 

Gordion terlatk di titik persimpangan penting antara Timur dan Barat. Gordion memiliki sejarah pemukiman berkelanjutan terpanjang. 

Kota kuno ini pun memiliki posisi strategis sebagai jalur perdaganagan yang signifikan hingga pasokan air melimpak, tak lupa dengan lahan subur yang cocok untuk pertanian. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral