Desa wisata Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta (Dokumentasi).
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Keren, Desa Nglanggeran di Gunungkidul Raih The Best Tourism Villages 2021

Jumat, 3 Desember 2021 - 11:46 WIB

Gunungkidul,DIY - Desa wisata  Nglanggeran, berhasil meraih The Best Tourism Villages 2021 (UNWTO), pada gelaran adu keindahan desa-desa wisata Internasional.

Desa Wisata Nglanggeran maju dalam kontes UNWTO, mewakili Indonesia bersama dua desa wisata yang lain, yaitu Desa Wisata Tetebatu di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Desa Wae Rebo di Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Ketiga desa tersebut beradu keindahan dengan desa wisata lain dari berbagai desa di dunia. 

"Kami tentu bangga dan memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada pengelola Desa Wisata Nglanggeran yang selalu konsisten mengembangkan Nglanggeran, dan sekarang menang di kontestasi Internasional," kata Harry Sukmono, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Jumat (3/12/2021).

Bukan perkara mudah untuk bisa maju dalam kontestasi ini. Bahkan beberapa desa di negara yang sudah cukup terkenal secara global, menjadi pesaing berat Indonesia.  

Desa-desa tersebut diantaranya adalah Kaunetral di Austria, Morella Spanyol, Gruyres Swiss, Caspala Argentina, Cumeada Portugal, Bkassine yang mewakili Lebanon, dan masih banyak lagi. Sementara desa wisata dari Asia adalah Vietnam, Filipina, Thailand, Malaysia, Kamboja, Jepang.

Prestasi ini, menurut Harry, tak lepas dari semangat dan inovasi yang dilakukan oleh anak-anak muda di Nglanggeran, dimana mereka mampu membentuk sebuah desa di gunung api purba menjadi desa wisata yang berkembang dengan cepat. 

"Melalui tangan dingin anak-anak muda lokal dalam mengelola Desa Wisata Nglanggeran patut mendapatkan apresiasi," lanjut Harry.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
01:38
01:06
02:40
02:12
02:15
Viral