Kecantikan Candi Prambanan di Sleman, Yogyakarta.
Sumber :
  • Andri Prasetiyo

PPKM Level 3 Saat Libur Nataru, Pengelola Wisata di Yogyakarta: Kembali ke Titik Nol

Jumat, 3 Desember 2021 - 12:46 WIB

Sleman, DIY - Pemerintah berencana memberlakukan PPKM Level 3 mulai 24 Desember 2021 hingga 3 Januari 2022. Kebijakan ini diambil sebagai upaya mencegah penularan Covid-19 saat libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022. Keputusan pemerintah ini membuat pelaku wisata di Yogyakarta deg-degan. Direktur PT Taman Wisata Candi (PT TWC) Prambanan, Borobudur dan Ratu Boko Edy Setijono bahkan mengaku dilema dengan kebijakan tersebut.

"Ini pertanyaan menggembirakan tapi menyedihkan juga, jadi kita senang karena pemerintah sigap terhadap kondisi tapi di sisi lain ini juga menyisakan permasalahan yang harus kita selesaikan juga," kata Edy berbicara tentang wisata Yogyakarta di masa Nataru, Jumat (3/12/2021).

Dijelaskan Edy, kebijakan PPKM Level 3 saat libur Nataru membuatnya harus jungkir balik kembali ke titik nol. Pasalnya saat ini kunjungan wisatawan di Candi Prambanan dan Borobudur tengah merangkak naik.

"Kalau kita ambil dari data di Agustus, September, Oktober, November sudah mulai naik pergerakan wisatawan, tetapi dengan keluarnya kebijakan di akhir tahun nanti dengan pembatasan yang lebih ketat ini kemudian membuat grafik itu pasti akan jungkir balik lagi," ungkapnya.

Sebagai contohnya, kata Edy, jumlah kunjungan wisata pada bulan Juli 2021 masih sedikit sekali. Namun memasuki bulan Agustus, September, Oktober sudah mulai naik dari 1.000 hingga 2.000 orang saat hari biasa.

Bahkan saat hari libur akhir pekan, wisatawan yang datang bisa mencapai angka 3.000 orang. Angka itu, disebut Edy, sangat banyak untuk saat ini.

"Tiga ribu itu sekarang banyak, tapi dulu itu sedikit sekali. Tiga ribu itu untuk weekday di masa sebelum pandemi ya sekitar 30 persen," ucap Edy.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral