Keindahan Curug Sewu di kawasan Pegunungan Kelir, perbatasan Kendal dan Temanggung, Jawa Tengah (5/12/2021).
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Curug Sewu, Pesona Air Terjun Tinggi Besar di Pegunungan Kelir Kendal

Senin, 6 Desember 2021 - 11:27 WIB

Kendal, Jawa Tengah - Belum punya agenda jalan-jalan pekan ini? Kalau belum, destinasi wisata di Kabupaten Kendal ini bisa jadi alternatif pilihan yang menarik. Namanya Curug Sewu

Sesuai namanya, curug yang berarti air terjun, tempat ini adalah destinasi wisata alam dengan air terjun sebagai panorama utamanya. Dan ini bukan air terhun biasa. Karena Curug Sewu menjadi salah satu air terjun tertinggi dan terlebar di Jawa Tengah. 

Curug Sewu berada di kawasan Pegunungan Kelir, perbatasan antara Kendal dan Temanggung, Jawa Tengah. Jaraknya kalau ditempuh dari Kendal sekitar 30 kilometer ke arah selatan. Jalannya sudah lebar dan beraspal bagus, karena berada di jalur alternatif Kendal-Temanggung- Wonosobo-Magelang.

Naik Angkutan umum juga bisa, baik bus maupun angkutan kecil. Tapi wisatawan paling banyak naik mobil pribadi, atau touring bareng naik sepeda motor. Bisa lewat Weleri Kendal, atau jalur Semarang-Boja Kendal.

Kalau dari Weleri, jalannya relatif lebih lebar dan gampang. Tapi kalau dari Semarang via Boja, penuh tantangan, tapi bonusnya panorama yang lebih indah.

Curug sewu termasuk air terjun yang tinggi. Airnya meluncur dari atas tebing lebih 65 meter. Tak hanya satu air terjun, tapi ada beberapa yang berderet dan berdekatan. Saat musim hujan, karena debit airnya meningkat, maka beberapa air terjun ini pun menjadi satu dan menghasilkan air terjun selebar lebih dari 25 meter. 

"Saya sudah dua kali ke sini. Kebetulan yang pertama dulu pas musim kemarau. Dan sekarang pas musim hujan jadi bisa melihat bentuk yang beda ya. Yang jelas ini tinggi banget," jelas Shinta, wisatawan asal Ambarawa. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral