Salah satu spot di wisata geopark Kalurahan Ngoro-oro..
Sumber :
  • Lucas Didit

Daya Tarik Wisata Geopark, UGM Kembangkan Get & Go di Bumi Wisata Ngoro-oro Gunungkidul

Selasa, 21 Desember 2021 - 08:57 WIB

Gunungkidul, DIY - Pengembangan Wisata Geopark di Kalurahan Ngoro-oro, Kapanewon Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta, terus didorong berbagai pihak. Salah satunya Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang mengembangkan role model Get & Go yang merupakan pengembangan wisata berbasis geologi sekaligus kearifan masyarakat lokal.

Koordinator program pengabdian masyarakat UGM Silvi Nur Oktalina mengatakan, dengan tema pengembangan Wisata Geopark sebagai sebuah destinasi wisata, menonjolkan aspek budaya yang merupakan wisata pendukung. Namun demikian, acap kali mengabaikan pengetahuan mendasar, yakni basis geologi. 

"Geosite masih dilihat sebatas landmark yang indah ditonton dan menjadi latar foto tanpa pemaknaan mendalam," ujar Silvi. 

Karenanya, menurut Silvi, kali ini UGM terjun langsung mengembangkan kegiatan pengabdian masyarakat tahun 2021, dengan skema atau role model “Get & Go", yakni Model Wisata Pendidikan Berkelanjutan Berbasis Geologi dan Pengetahuan Masyarakat Lokal Di Gunungkidul, yang selanjutnya disebut “Wisata Bumi Ngoro-oro”. 

"Melalui pengembangan Wisata Bumi Ngoro-Oro, wisatawan dikenalkan dengan fenomena geologi yang tidak saja indah tetapi juga ilmiah dan sarat dengan edukasi," ujar Silvi. 

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Kalurahan Ngoro-oro sebagai daerah penyangga Gunung api purba Nglanggeran, mempunyai potensi yang sangat besar untuk mengembangkan wisata berbasis kebumian. 

"Dengan hamparan bebatuan lahar dingin dari Gunung api purba yang banyak terdapat di desa ini, menjadikan struktur lapisan bebatuan sangat kentara dan terlihat keelokannya," terangnya. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:36
08:48
07:30
01:07
03:27
01:35
Viral