Barisan Lampion di Klenteng Sam Poo Kong.
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Piknik Sambil Menelusuri Sejarah Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Minggu, 9 Januari 2022 - 08:21 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Obyek wisata bersejarah Klenteng Sam Poo Kong Semarang kembali menggeliat setelah lama tutup akibat pandemi. Seiring situasi yang membaik, kompleks ini sudah dibuka dengam batasan 75 persen dari kapasitas pengunjung, dan dengan aturan protokol kesehatan.

"Protokol kesehatan tetap ya dan itu prosedur. Petugas akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh, pengunjung harus pakai masker, kita sediakan tempat cuci tangan, harus sudah vaksin, dan pengelola akan mengatur keluar masuk pengunjung," kata Adi, salah satu petugas di Klenteng Sam Poo Kong, Sabtu (8/1/21).

Ia menambahkan, pengunjung Klenteng Sam Poo Kong sudah mulai meningkat dibanding sebelum-sebelumnya. Tapi masih belum bisa seperti waktu normal dulu sebelum pandemi.

Klenteng Sam Poo Kong merupakan peninggalan sejarah terkait masuknya pendatang dari Tiongkok, termasuk salah satu momen masuknya Islam pad abad ke 6, yang dibawa oleh Laksamana Ceng Ho, seorang pemimpin perang Tiongkok. 

Pada perkembangannya, kompleks Sam Poo Kong kemudian menjadi tempat peribadatan bagi warga keturunan Tionghoa. 

Di sini terdapat bangunan kecil yang masih utuh seperti aslinya. Sedangkan bangunan yang lain sudah direnovasi menjadi bangunan klenteng besar, panggung pertunjukan, kawasan kuliner,  termasuk patung raksasa Laksamana Ceng Ho.

Pada momen tertentu juga digelar acara pertunjukkan barongsay dengan protokol kesehatan ketat. (Teguh Joko Sutrisno/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral