Radio jadul di dinding, salah satu sudut di Oemah Ndopok.
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Menjeda Waktu, Bersanding Barang Antik di Oemah Ndopok Banyumas

Kamis, 20 Januari 2022 - 10:04 WIB

Banyumas, Jawa Tengah - Apa yang didamba saat penat dengan rutinitas harian? Jika bisa, akan memilih untuk menepi dan menjeda waktu. Setidaknya ini yang bisa dirasakan saat menjejak kaki di Oemah Ndopok, di Jalan Kyai Noer Chakim, Desa Karangsalam, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas. 

Bentuk bangunan berupa rumah sotong jawa Banyumasan, ditambah detailing ornamen kayu, membuat waktu seperti terjeda. Di tiap sudut, perabot dan perkakas khas desa asli kayu berusia tua, membuat kita seperti terlempar ke masa lalu yang nyaman.

"Menu yang ada sebagian besar tradisional. Ada kopi atau teh tubruk, minuman rempah, dan camilan seperti kedelai, kacang dan ubi rebus kami sediakan," ujar Fajar, pengelola Oemah Ndopok.

Makanan besar seperti nasi pithi lauk ayam dan ikan nila, disajikan dalam wadah pithi atau kotak terbuat dari anyaman bambu, lengkap dengan sayur oseng dan sambal. Atau menu sayuran dan olahan khas desa juga disajikan di sini. 

"Untuk remaja, kami sediakan juga menu minuman dingin beraneka varian," ujarnya.

Kembali ke suasana. Tiap sudut di dalam ruangan, diantara tempat duduk pengunjung, ada banyak barang antik asli.

Mesin ketik berusia tua, kaset pita memenuhi salah satu dinding, radio jadul. Lalu ada lukisan media kayu vintage. Dan aneka pernik keramik hingga mainan jadul dari logam dipajang.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:03
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
Viral