Kera yang berkeliaran di sekitar Goa Landak..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Menengok Goa Landak di Semarang, Malah Ketemu Banyak Kera

Jumat, 21 Januari 2022 - 10:52 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Jika anda jalan-jalan ke Kota Semarang, Jawa Tengah, jangan lupa mampir ke destinasi yang satu ini. Namanya Goa Landak, yang merupakan perpaduan bebatuan goa dengan hutan yang alami. Yang tambah menarik, di sekitar goa juga sering muncul kawanan kera yang sedang mencari makan.  

Meski namanya Goa Landak, namun sudah tak terlihat lagi ada hewan landak di situ. Justru yang banyak malah kawanan kera tadi. Goa ini berada di area wisata Goa Kreo. Jadi pintu masuknya juga sama, yaitu di Dusun Talunkacang, Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.

Menurut Kasno, salah satu petugas pengelola obyek wisata ini, nama Goa Landak diberikan karena dulu memang goa tersebut menjadi sarang landak. Tapi karena mungkin habitatnya berubah dan tidak cocok lagi, landak pun masuk ke hutan yang dirasa lebih aman.

"Jadi waktu dulu itu kan kata penduduk sini banyak landak di goa itu, tapi kemudian banyak orang yang datang untuk jalan-jalan dan melihat-lihat. Lama-lama ya landaknya mungkin merasa terusik, maka masuk lebih ke dalam hutan," kata Kasno.

Goa Landak lebih berupa cerukan selebar satu hingga dua meter dengan kedalaman duapuluh meteran. Seperti Goa Kreo di sebelahnya yang cukup dimasuki orang, maka Goa Landak juga begitu. Tapi harus rela membungkuk jika mau masuk untuk menuntaskan rasa penasaran. Dinding goa berupa batu padas, tanah liat dan batu kapur. 

"Saya sarankan membawa senter atau lampu led untuk penerangan. Karena suasananya sangat gelap," kata Kasno lagi.

Dari pintu goa, wisatawan bisa melihat perairan Waduk Jatibarang di seberang hutan. Cukup indah karena ada pendar-pendar cahaya yang memantul di permukaannya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral