Salah saru pengunjung sedang mencoba rappelling di Curug Aul..
Sumber :
  • tim tvone - Sonik Jatmiko

Pacu Adrenalin dengan Canyoning dan Cliff Jumping di Curug Aul Purbalingga

Minggu, 6 Februari 2022 - 09:43 WIB

Purbalingga, Jawa Tengah - Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah adalah daerah dengan seribu air terjun atau curug. Kontur berbukit, menyimpan curug dengan panorama memukau. Wisata curug ini juga menjadi surga bagi mereka yang memiliki hobi susur sungai alias canyoning dan melompat dari tebing atau cliff jumping. Salah satu yang menjadi favorit wisatawan adalah Curug Aul yang berada di Desa Tanalum, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. 

"Jika Anda beruntung, Anda akan disambut sajian musik tradisional kotekan lesung oleh ibu-ibu, sesaat sebelum masuk area curug, dekat dengan pemukiman warga. Warga di sini memang masih melestarikan sejumlah tradisi yang kini mulai punah," ujar Fatah, salah seorang pemandu di Tanalum.

Untuk mencapai Curug Aul, pengunjung harus turun ke lembah. Oleh warga setempat, lokasi ini sudah dikelola sejak 2016 lalu, sehingga akses jalannya, meski hanya setapak tanah, sudah nyaman untuk dilewati. Di ujung jalan setapak, pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang curug di sebuah dermaga selfie.

"Kalau dermaga ini, sudah pas posisinya memang untuk selfie berlatar belakang air yang jatuh dari tebing," ujarnya lagi.

Selain keindahan air terjun dua tingkat, di sini adalah surga bagi para cliff jumper. Air terjun kedua, tingginya cukup untuk melompat ke dalam kolam sedalam tiga meter.

Di bagian hilir, aliran air dari curug melewati bebatuan yang asyik untuk digunakan meluncur. Karena itu, pengunjung dapat melakukan canyoning alias susur sungai di lokasi ini. 

"Meluncur, rappelling atau sekedar body rafting, alam benar-benar menyediakan semua wahananya di sini," ujar Tanto, seorang pengunjung dari Purwokerto. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral