Curug Corong Limbangan di Kendal yang airnya sangat jernih..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Curug Corong, Air Terjun Bening di Hutan Gunung Ungaran

Rabu, 23 Februari 2022 - 08:44 WIB

Kendal, Jawa Tengah - Bisa dibilang ini salah satu potensi yang tersembunyi di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Memang masih butuh akses yang lebih mudah untuk bisa sampai ke lokasi Curug Corong. Beda dengan curug atau air terjun lainnya yang lebih dulu dikenal dan gampang dijangkau, maka Curug Corong butuh perjuangan ekstra untuk mencapainya. Tapi kalau bicara keindahannya, tak usah diragukan lagi.

Curug Corong berada di Desa Gondang, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Desa di lereng Gunung Ungaran ini memang dikenal punya panorama yang memukau. Maka tak heran jika Pemerintah Kabupaten Kendal menetapkannya sebagai desa wisata.

Untuk sampai di lokasi ini, bisa diakses dari Kendal maupun Semarang dengan waktu tempuh satu jam. Rutenya melewati Boja lalu ke selatan menuju Limbangan. Sesampainya di desa Gondang, tanya saja warga setempat dimana lokasi Curug Corong. Mereka dengan senang hati akan menunjukkannya.

Kendaraan bermotor atau pun sepeda bisa diparkir di dusun terdekat. Lalu dilanjutkan dengan jalan kaki melewati desa dan masuk hutan. Cukup layak juga buat olahraga dan menguji stamina. Karena medannya menanjak dan berkelok. Setengah jam jalan kaki diselingi istirahat, maka sampai juga di Curug Corong.

"Kalau jarak sih tidak begitu jauh ya sebenarnya, tapi lumayan juga nanjaknya. Dan tidak ketemu orang jualan tadi. Jadi kalau ke sini memang harus bawa bekal ya supaya tidak kehausan dan kelaparan," kata Robert yang datang sekalian bersepeda.

Ukuran air terjun tidak begitu tinggi. Namun karena aliran airnya melebar membuat Curug Corog tampak begitu menawan. Guyurannya meniti tebing batu dengan bagian atas yang kecil meruncing lalu melebar ke bawah menjadi kolam.

"Kelebihan Curug Corong ini menurut saya pada airnya, sangat bening. Juga tidak begitu tinggi sehingga sangat aman dan nyaman untuk mandi. Pemandangannya juga bagus ya, karena hutannya masih sangat alami dan nyaris tanpa kerusakan," ungkap Irawan, goweser yang mampir piknik ke Curug Corong.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral