Pantai berpasir bersih di Pulau Tiban, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Pulau Tiban, Merasakan Kesejukan Hutan Cemara di Ujung Pesisir Kendal

Senin, 7 Maret 2022 - 10:10 WIB

Kendal, Jawa Tengah - Pertama kali mendengar nama Pulau Tiban, bayangan di benak yang muncul adalah sebuah daratan kecil yang gersang. Wajar saja, namanya juga Pulau Tiban yang arti bebasnya adalah tiba-tiba atau baru saja.

Awalnya dulu memang begitu. Warga yang tinggal di kampung seberang pulau kemudian berinisiatif untuk menghijaukan pulau Tiban. Dan setelah beberapa tahun hasilnya memang cukup menggembirakan. Kini Pulau Tiban punya kawasan hutan cemara yang nyaman buat berteduh.

Pulau Tiban berada di Desa Kartika Jaya, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Sekitar delapan kilometer sebelah utara pusat kota Kendal. Untuk menuju ke sini aksesnya bisa dibilang lumayan. Paling tidak untuk ukuran desa yang berada di pesisir pantai, jalannya sudah beraspal.

Bisa dijangkau dengan kendaran pribadi, baik roda dua maupun roda empat. Hanya sayang, jarang menemukan  angkutan umum sampai ke Desa Kartika Jaya.

Sesampai di ujung jalan desa ada sebuah dermaga kecil. Lokasinya berada di pinggiran hutan mangrove. Dari sinilah perjalanan menuju ke pulau tiban dengan perahu dimulai. Tiketnya sangat terjangkau, sekitar 20 ribu rupiah pulang pergi.

Jalur perahu pada awalnya menyusuri sungai menuju muara, lalu melewati rimbunnya hutan mangrove yang berada di sisi kanan dan kiri. Sesekali wisatawan bisa melihat aktifitas nelayan yang berburu ikan, baik dengan menggunkan jaring maupun memancing di tepian hutan mangrove.

Lepas dari sungai, perahu kemudian mengarungi perairan laut. Pulau Tiban sudah nampak di depan mata. Jarak dari desa perkampungan Desa Kartika Jaya menuju ke Pulau Tiba hanya satu kilometer, dengan waktu tempuh cukup sepuluh menit saja.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral