Pemandangan curug dengan kolam berwarna biru teduh.
Sumber :
  • Sonik Jatmiko

Curug Gemawang Memesona, Kolamnya Berwarna Biru Teduh

Sabtu, 26 Maret 2022 - 12:01 WIB

Banyumas, Jawa Tengah - Selain keindahan airnya yang jatuh, air terjun juga menarik dinikmati panorama alam dan kolam air terjunnya. Di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ada air terjun atau curug dengan kolam berwarna biru. Selan itu, dinding di sekitar curug juga berupa batuan yang tersusun rapi secara alami, seperti sebuah tembok bangunan. Tempat ini, harus menjadi destinasi liburan Anda.

Curug Gemawang berada di gugusan bukit Desa Kemawi, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas, memang berpemandangan khas. Curug tiga tingkatnya seperti alur putih membelah lekukan bukit. Aliran airnya, lalu menjadi sungai dengan bebatuan yang elok.

Selain panorama tiga tinngkat air terjun setinggi total 70 meteran, kolam air terjun di Curug Gemawang juga unik. Kolam paling bawah, airnya berwarna biru. Pemandangan itu mencipta keindahan dan keteduhan tersendiri. Kolamnya juga aman untuk mandi dan bermain air.

"Jarang ada kolam air terjun berwarna biru. Jadi suasananya terasa teduh," ujar Yuli, salah seorang pengunjung. 

Selain tiga tingkat curug utama, di sekitarnya juga ada beberapa curug kecil. Di sisi utara, ada dua tingkat air terjun kecil yang meluncur di bebatuan yang seolah tersusun rapi secara alami

Susunan batu itu, bukan buatan manusia, tetapi asli bentukan alam. Seperti sebuah mozaik yang ber-relief.

Selain mandi dan main air, berfoto menjadi aktivitas favorit para pengunjung. Ada beberapa latar foto yang bisa dijadikan spot, selain tentu saja air terjun tiga tingkat sebagai latar utama.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral