Curug Leuwi Hejo.
Sumber :
  • tempatwisata.id

7 Tempat Wisata di Sentul yang Asik dan Kekinian

Minggu, 27 Maret 2022 - 12:03 WIB

Tempat wisata di Sentul memang pasti tak sebanyak Bali, Jogja, atau bahkan Lombok yang baru saja melangsungkan event MotoGP pertamanya. Tapi nyatanya Sentul tetap menjadi destinasi wisata favorit warga ibu kota Jakarta.

Lokasinya yang tak jauh dari Kota Jakarta dan udaranya yang relatif bersih membuat daerah ini kerap menjadi pilihan. Posisinya yang berada di dataran tinggi dan kaki gunung membuat udara di wilayah Sentul menjadi lebih segar dan sejuk jika dibandingkan dengan Jakarta.

Wilayahnya yang berbukit-bukit dan tak jauh dari pegunungan membuat lokasi ini cocok sebagai tempat 'pelarian' dari hiruk pikuk ibu kota.

Ada beberapa aktivitas dan tempat wisata yang bisa kamu coba saat kamu berada di Sentul. Mulai dari aktivitas fisik seperti gowes atau trekking, ngopi - ngopi estetik di cafe atau resto yang instagrammable, hingga staycation bersama teman - teman atau keluarga tersayang.

 

Edensor Hills Cafe & Resto

Saat pertama kali menginjak ini kamu pasti mengira kamu sedang berada di Eropa. Terlihat dari nama dan bentuknya, desain cafe yang berlokasi di Bojong Koneng ini memang terinspirasi dari sebuah desa subur di dataran Inggris Raya, Edensor.

Tak hanya menyediakan makanan dan minuman, Edensor Hills juga menyediakan tempat menginap dengan konsep pedesaan yang segar dan nyaman.

Bentuk bangunannya yang menyerupai rumah kastil tua tentu sangat cocok dijadikan sebagai pilihan tempat staycation di akhir pekan bersama teman - teman atau keluarga. Pengunjung dan wisatawan yang datang kesini dapat menikmati indahnya panorama Gunung Salak serta Air Terjun Bidadari yang menawan hati.

 

Gowes di KM 0

Nama KM 0 ini sudah sangat populer di telinga para pehobi sepeda atau goweser. Tanjakan yang berlokasi 650 mdpl tepatnya di Bojong Koneng, Babakan Madang, Sentul ini kerap menjadi lokasi para pesepeda untuk menguji ketahanan stamina.

Tak perlu khawatir saat ingin bersantai sebab di lokasi ini sudah banyak resto, cafe, bahkan resort yang bisa kamu datangi untuk beristirahat.

Untuk mencapai lokasi ini pesepeda bisa memilih untuk melewati jalur Rainbow Hill atau Taman Budaya karena keduanya memiliki jarak tempuh yang berbeda. Bersepeda melewati jalur Rainbow Hill berjarak 14 km sedangkan jalur Taman Budaya sedikit lebih pendek yakni 12,5 km. Siap menaklukkan tanjakan ini?

 

Goa Agung Garunggang

Tak perlu jauh-jauh bila ingin merasakan serunya berwisata ala Indiana Jones atau Tomb Raider. Kamu sudah bisa merasakan adrenalinmu memuncak saat berwisata ke bukit berbentuk goa yang eksotis.

Goa Agung Garunggang merupakan sebuah goa kecil yang tersembunyi. Goa ini memiliki sebuah pintu masuk yang unik. Pintunya terlihat menganga secara vertikal dan sangat lebar. Goa ini masih sangat jarang dikunjungi wisatawan, jadi bisa masih dalam kondisi yang alami.

Tempat wisata di Sentul yang bernama Goa Agung Garunggang ini bisa menjadi pilihan destinasi bersama teman - teman. Bentuk goa yang unik inilah yang menjadi daya tarik tempat ini.

Kalau dilihat dari alur2 yang ada di batu, seperti terkikis oleh aliran air. Di Goa ini terdapat Batu Gantung dan sebuah kolam pemandian yang terbentuk secara alami.

Goa yang memiliki tampilan dinding dengan gradasi warna coklat, kuning, dan hitam ini membuat goa ini seringkali dijadikan spot berfoto. Sebenarnya ada empat goa yang ada di area ini, namun yang bisa dikunjungi oleh wisatawan hanya Goa Agung Garunggang saja.

Sama seperti tempat - tempat wisata alam, kamu tentunya harus menyiapkan fisik yang prima saat mengunjungi goa ini karena medannya cukup menantang.

 

Curug Leuwi Hejo

Bogor dan sekitarnya merupakan surga bagi pecinta air terjun atau ‘curug’. Ada banyak sekali curug tersebar di pelosok Bogor dengan ‘spesialisasinya’ masing-masing. Yang pertama dan utama, kamu harus mengunjungi Curug Leuwi Hejo yang airnya berwarna kehijauan.

Air yang jernih, arus yang tidak terlalu kencang, dan ‘kolam’ alami yang cukup luas membuat tempat ini terkenal di kalangan traveler muda. Karena kamu harus berjalan kaki sekitar 1 km dari tempat parkir, pastikan kamu cukup lama berenang di sini, ya! Biar puas!

 

Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Pada urutan terakhir ada Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Tempat ini juga merupakah salah satu destinasi favorit wisatawan karena banyak spot foto dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan disini.

Pada destinasi ekowisata ini kamu bisa mencoba untuk trekking, bersepeda, jogging, camping, bahkan mengambil foto prewedding. Kawasan wisata Gunung Pancar yang terletak di ketinggian 300-800 mdpl, pas untuk didatangi pada pagi hari karena udaranya lumayan sejuk.

Pemandangan dan suasana Taman Wisata Alam Gunung Pancar cukup menyenangkan karena dikelilingi oleh pohon - pohon pinus raksasa yang mengeluarkan aroma yang khas. Pohon pinus inilah yang disebut - sebut menjadi daya tarik utama tempat wisata di Sentul ini.

 

Taman Budaya Sentul City

Tak jauh dari pusat Kota Bogor, kamu bisa menemukan Taman Budaya Sentul City. Lokasi ini seringkali dikunjungi sebagai tempat untuk melakukan aktivitas outbond.

Namun tak hanya outbond, tempat wisata di Bogor inipun menyediakan berbagai games dan aktivitas menarik lainnya seperti trampolin, trekking, panahan, berkuda, hingga paintball dan golf.

Kamu tak perlu khawatir jika lapar atau haus karena lokasi ini juga menyediakan banyak restoran dan cafe mulai dari yang bercita rasa lokal hingga internasional. Selain itu Taman Budaya Sentul City juga menyediakan lokasi yang dapat disewa untuk berbagai kegiatan seperti wedding maupun pertemuan formal dan informal.

Untuk mencapai tempat ini kamu hanya perlu berkendara selama kurang lebih 30-40 menit atau kurang lebih 15 km dari pusat kota.

 

Wisata Kuliner di Ah Poong

Berada di Sentul dan hanya berjarak sepelemparan batu dari Kota Bogor membuat wisata kuliner di Pasar Ah Poong jadi pilihan favorit keluarga.

Bersantap di pasar kuliner ini akan memberikan sensasi tersendiri. Pengunjung dapat menikmati suasana sejuk karena rumah makannya sengaja dibuat semi outdoor.

Tak hanya bisa mencicipi aneka jenis kuliner dan minuman, kamu bahkan juga bisa bermain di kali Cikeas karena Pasar Ah Poong ini memang berada di sisi kali Cikeas.

Ah Poong memang memiliki beragam aktivitas seperti panahan, air soft gun, wahana permainan air, hingga permainan khusus anak - anak.

Pusat kuliner ini berada di Jalan Ir.H.Juanda, Cipambuan, Babakan Madang, Bogor dan dapat diakses dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi maupun aplikasi online.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Sentul yang bisa kamu datangi akhir pekan ini. Selamat berlibur! (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral