Kawasan wisata mina padi di lereng Bukit Merangan, Limbangan, Kendal, Jawa. Tengah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Agrowisata Mina Padi di Kendal, Jalan-Jalan Sambil Mengedukasi Anak

Senin, 28 Maret 2022 - 12:22 WIB

Kendal, Jawa Tengah - Desa wisata Pakis di Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah terus mengembangkan potensi wisatanya. Salah satunya adalah agrowisata yang berhubungan dengan pertanian.

Setelah berhasil memanfaatkan sawah bengkok desa menjadi wisata Gubug Lereng Merangan yang viral di media sosial, pokdarwis setempat kini mengembangkan wisata mina padi

Menurut ketua Pokdarwis Desa Pakis, Hendri, wisata mina padi merupakan kreatifitas anak muda desa untuk mengoptimalkan potensi di lereng Merangan. Lahannya menempati areal sawah bengkok yang dipakai untuk membangun gubug wisata dan jembatan bambu wisata.

Di sela-sela sawah dibuat kolam yang menyatu dengan tanaman padi. Di situlah ikan-ikan ditebar dan dibudidayakan. Adanya ikan yang hilir mudik diantara jalan bambu dan sawah menjadi daya tarik tambahan terutama bagi anak-anak. Mereka juga bisa memberi makan ikan dengan membeli pakan di loket.

"Ini memang sudah kita desain setelah wisata gubug dan gardu pandang di tengah sawah banyak dikunjungi wisatawan. Lalu kita coba memadukannya dengan budidaya mina padi. Ternyata menarik. Ke depan akan kita buat juga gubug khusus untuk kuliner ikan sehingga wisatawan bisa menikmati kuliner dengan suasana sawah dan pedesaan," jelasnya.

Wisatawan yang datang berkunjung mengaku senang adanya ikan-ikan yang dipelihara menjadi satu dengan sawah. Dengan begitu mereka bisa memberikan edukasi kepada anak-anak yang mereka ajak. Tentang bagaimana memanfaatkan sawah tak hanya untuk menanam padi tapi juga bisa untuk memelihara ikan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:01
10:24
12:52
12:57
03:32
01:33
Viral