wisata batu granit Silokek di waktu senja.
Sumber :
  • Beni Roska

Foto-Foto Keindahan Alam Silokek di Sijunjung yang Bakal Membuatmu Terpana

Jumat, 8 April 2022 - 08:38 WIB

Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat - Silokek, kawasan Geopark Nasional yang memiliki keindahan alam yang sangat menawan dan eksotis. Letaknya di Nagari Silokek, Kecamatan Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat. Kini kawasan tersebut sedang dipersiapkan untuk masuk dalam UNESCO Global Geopark, sehingga layak melayani wisatawan dunia. 

Negeri bersahaja dalam kesatuan Luhak Tanahdatar ini ikut diperhitungkan sebagai daerah strategis di Sumbar dalam berwisata.

Ngalau Basurek Silokek

Secara umum masyarakatnya hidup berkecukupan, bernaung dibawah kedaulatan masyarakat sosial hukum adat Minangkabau. Secara terirotial, dibelah Jalan Lintas Sumatera dari arah Sawahlunto-Dharmasraya sepanjang 73 km.

Air Terjun Palukahan

Namun siapa sangka, Sijunjung juga menyimpan segudang keindahan alam nan eksotis yang patut diperhitungkan sebagai bahagian potensi wisata kebanggaan Sumatera Barat (Sumbar).

Salah-satunya adalah kawasan wisata taman bumi (Geopark) Silokek di Kenagarian Silokek, Kecamatan Sijunjung.

Dengan ikon utama ngalau (batuan granit), air terjun, dan batuan purba berumur sekitar 260-320 juta tahun

Air Terjun Lubuk Pendakian Sumpur

Pada penghujung 2018 lalu, Geopark Silokek ditetapkan Pemerintah Pusat menjadi salah-satu Kawasan Geopark Nasional, Ranah Minang, di Sumbar. 

Ketika melintasi Sijunjung singgahlah sejenak di Nagari Silokek. Di sana pengunjung akan dibuat takjub melihat keindahan negeri kecil di dasar lembah tersebut, eksotis dan magis. Plus di dalamnya terdapat objek wisata Ngalau Cigak, Ngalau Talago, dan Pulau Andam Dewi. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:24
04:36
09:59
01:57
01:51
06:00
Viral